Trik Membersihkan dan Merawat Helm Full Face

Trik Membersihkan dan Merawat Helm Full Face

Sebagaimana kita ketahui, motor memiliki desain keamanan yang memang dirancang tidak maksimal dan membuat sistem perlindungan pengendara yang kurang baik karena apabila terjadi kecelakaan, pengendara motor dapat terlibat secara langsung dan mengakibatkan terjadinya cidera bahkan sampai hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut akan sangat berbeda apabila dibandingkan dengan mobil atau kendaraan tertutup lainnya. Maka dari itu, helm adalah piranti keselamatan yang wajib untuk dipakai. Utamanya jenis helm full face. Helm ini diketahui lebih aman karena melindungi kepala secara keseluruhan. Saat Anda memiliki piranti helm ini, satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah perawatan secara rutin untuk menghindari bau, bakteri, dan kotoran. Berikut ini adalah trik merawat helm yang harus Anda perhatikan.

Trik Membersihkan dan Merawat Helm Full Face

Merendam dalam Busa Sabun

Salah satu yang paling tidak nyaman adalah adanya bau tidak sedap pada helm. Bau ini bisa berasal dari keringat yang bercampur dengan polusi dan panas udara. Bau ini umumnya akan mengendap pada serat dalam helm yang sulit dihilangkan. Salah satu trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendamnya pada busa sabun. Setelah itu, bilas atau rendam 5 menit dalam cairan pewangi.

Lepas dan Bersihkan Kaca & Busa Helm

Ini merupakan langkah awal jika Anda ingin membersihkan setiap bagian helm full face. Pertama Anda harus melepas kaca dan busa yang ada di dalam helm. Lepas semua bagian busanya hingga helm menjadi batok dengan gabus keras saja. Namun, jika tipe busa helm Anda permanen, lebih baik jangan dipaksakan untuk dilepas.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah proses pencucian selesai, langkah berikutnya adalah dengan menjemur helm di bawah terik matahari. Usahakan helm full face kering tidak lebih dari sehari. Hal ini karena helm basah biasanya berbau menyengat. Inilah mengapa kita perlu melihat situasi panas matahari sebelum mencuci helm. Hindarin mencuci helm saat cuaca sedang hujan atau mendung jika Anda tidak memiliki pengering di rumah.

Cuci Bagian Luar Helm dan Gosok dengan Wax Pemoles

Selain mencuci dengan air bersih, hal yang paling praktis adalah membersihkannnya dengan Wax Pemoles. Namun langkah ini hanya untuk bagian luar helm saja. Biasanya dilakukan jika kondisi dalam masih nyaman dipakai namun bagian luar terlihat kusam. Atau sebagain orang juga suka mengelap dan menggosok menggunakan Wax setelah dicuci bersih dengan sabun. Hal ini bertujuan agar kaca dan bagian luar helm tampak lebih mengkilap.

Semprotkan Minyak Wangi dan Desinfektan

Yang terakhir adalah dengan menyemprotkan pewangi khusus. Pewangi ini biasanya khusus untuk helm karena mengandung desinfekan sebagia pembunuh kuman penyebab bau tak sedap. Terkadang proses pencucian helm sering menimbulkan bau tidak enak apalagi jika tidak sekali kering. Kelembaban di dalam ruang helm memicu bakteri, sehingga helm mudah berbau.

Leave a Comment