Tempat Modifikasi Motor Scrambler Semua Kalangan

Banyak motor yang dibuat dengan gaya retro seperti motor scrambler yang langsung dikeluarkan dari pabriknya ataupun hasil tangan-tangan kreatif memodifikasi motor. Mau hasil langsung dari pabrikan atau lewat modifikasi tidak akan ada bedanya ketika telah mengaspal di jalanan karena sama-sama akan mencuri perhatian. Scrambler itu sendiri memiliki arti dari kata scrambler yang memiliki arti perjuangan atau pertarungan yang tidak jelas dan tidak berstruktur (random), jadi scrambler sendiri dapat dimaknai sebagai “petarung” atau “pejuang”. Secara historis, motor-motor scrambler merupaka motor-motor yang didesain untuk balapan di lintasan-lintasan yang tidak mulus. Motor-motor Scrambler mulai populer pada tahun 60-an. Kepopulerannya dimulai sejak bintang-bintang Hollywood seperti Steve Mc Queen dan Marlon Brando menggunakannya di beberapa film yang dibintanginya.

Sebenarnya sudah banyak motor dengan desain yang lebih modern sekarang namun hingga saat ini tetap ada saja peminat dari motor-motor model scrambler ini. Kebanyakan produsen yang memproduksi motor dengan model jadul ini berasal dari Eropa seperti Ducati dan Triumph. Jadinya karena di impor dari Eropa harganya bisa jadi sangat mahal juga sparepartnya juga sulit didapat. Eiiitttsss… tapi jangan khawatir ternyata dengan modal motor-motor produksi Jepang anda seperti Yamaha Scorpio, Honda Tiger atau Suzuki Thunder 250 bisa loh di modifikasi dengan gaya-gaya scrambel ini. Tapi dimana sih tempat modifikasi motor yang recommend? Ditambah kalo budget kita terbatas. Langsung aja kita ke tempat modifikasi scrambler yang recommend di Jakarta dan sekitarnya.

  1. Classic (2016)

Mr.Classic sendiri sudah berdiri sejak 2011 lalu, mulai membangun bengkelnya sejak 2016. Lokasinya sendiri ada di daerah Lenteng Agung, spesialisasi dari bengkel dan toko ini adah membuat motor custom gaya klasik seperti scrambler. Harga yang ditawarkan pun sangat murah untuk memodifikasi motor. Mr. Classic mematok harga mulai dari Rp 3,2 jutaan apabila ingin ditambah dengan komponen-komponen lain seperti aksesoris dan cat maka tentu akan ada tambahan harga lainnya.

  1. Central Classic Custom (2016)

Biarpun baru didirikan tahun 2016, tapi sebenarnya sudah beroperasi secara online dari tahun 2012. Sang owner rupanya merupakan pencinta motor-motor klasik dan punya cita-cita untuk motor klasik karyanya sendiri. Mulailah mengumpulkan bagian-bagiannya sambil menjual bisnis aksesorisnya secara online. Lokai Central Classic Custom ini ada di daerah Cinere, Kota Depok. Harga yang dipatok mulai dari Rp 2 Jutaan saja itu untuk aksesoris motor klasiknya saja. Kalau ingin full aksesoris dan tambah cat siapkan sekitar Rp 2 Juta lagi.

  1. Galeri Motor atau Gator (2010)

Didirikan lebih awal dari Mr. Classic dan Central Classic Custom, Gator mulanya menjai bengkel sepeda fixie tapi berubah menjadi bengkel motor yang dapat memenuhi keinginan pelanggan-pelanggannya. Lokasinya berada ri daerah Ciputat Raya, Tanggerang Selatan. Pemilik Gator yang akrab disapa Bang Bule ini pun siap menyediakan desain kalau-kalau pelanggannya belum punya ide. Untuk harga yang ditawarkan memang beragam karena itu langsung saja cek instagramnya @galerimotor.

  1. Trive Motorcycles

Berbeda dari tiga tempat yang disebutkan sebelumnya pasar dari Trive Motorcycles ini menjadi motor bengkel premium karena motor yang dimodifikasi biasanya merek Triump, Harley Davidson, BSA dan jenis motor lainnya. Lokasinya berada di Kemang Timur Raya. Disini kalau ingin memodifikasi motor pelanggan hanya membawa mesinnya saja, kemudian untuk desain akan dibuatkan khusus. Nah tapi proses pengerjaannya memakan waktu cukup lama sekitar 4-6 bulan. Maklum, karena pengerjaan modifikasinya dibuat satu persatu. Budget yang harus disiapkan cukup lumayan sekitar yaitu sekitar Rp 60 Juta sampai Rp 80 Juta. Dengan harga yang itu dijamin deh gabakal akan desain yang sama ketika mengendara di jalanan juga akan mendapat kualitas yang diharapkan.

 

Bagi yang ingin segera memodifikasi motornya, jangan lupa siapkan desain dan budgetnya juga. Ditambah juga dengan perangkat-perangkat keamanan seperti helm juga memilih jok dan knalpot yang nyaman sehingga semakin aman ketika berkendara.

Sumber gambar: Pixshark.com

 

Leave a Comment