Perbedaan Motor Balap dan Motor Biasa yang Tak Banyak Diketahui Orang

Perbedaan Motor Balap dan Motor Biasa yang Tak Banyak Diketahui Orang

Perkembangan teknologi otomotif, khususnya pada mesin motor telah mengubah kebiasaan masyarakat sehingga para produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan terciptalah motor balap yang menyajikan kecepatan lebih dari motor biasa. Munculnya sepeda motor berkecepatan tinggi dapat memberikan kepuasan bagi penggemar otomotif, terlebih pada saat melakukan kegiatan balapan yang selama ini digemarinya.

Perbedaan Motor Balap dan Motor Biasa yang Tak Banyak Diketahui Orang

Dengan adanya berbagai jenis dan bentuk sepeda motor, membuat para pencinta otomotif semakin tertarik untuk memodifikasi motor biasa sesuai kebutuhan jenis balapan, baik untuk di jalanan yang rata atau pun di jalan yang terjal sekalipun. Namun, tahukah Anda perbedaan motor biasa dengan motor yang memang diproduksi sebagai motor balap? Berikut ulasan lengkapnya.

Tak banyak yang tahu perbedaan utama antara sepeda motor balap dan motor biasa meski mempunyai besar cc yang sama. Maka dari itu, simak ulasan berikut ini

Tenaga yang lebih besar

Pada umumnya, sepeda motor balap menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar serta putaran yang juga jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan karena jenis motor yang ini membutuhkan kecepatan yang lebih besar agar tarikannya kencang. Sedangkan pada motor biasa atau motor harian hanya mengutamakan kenyamanan pengendara yang dihasilkan dari perpaduan tarikan mesin dan tenaga yang tidak teralalu besar. Hal ini mengakibatkan motor biasa dapat digunakan dalam waktu yang lama dengan tanpa melakukan tekanan lebih besar dan tentunya mesin motor biasa juga tidak cepat panas

Lubang klep

Perbedaan selanjutnya terletak pada bentuk dan ukuran lubang klep. Pada motor balap memiliki lubang klep yang lebih lebar dan pendek jika dibandingkan dengan motor biasa sehingga putarannya lebih cepat. Selain itu, pembukaan katup pada motor jenis ini juga menyediakan aliran bahan bakar yang lebih cepat sehingga proses pembakaran menjadi sangat boros. Wajar memang karena pada dasarnya memang diperuntukkan untuk banyak melakukan pekerjaan dibanding motor biasa serta perpindahan gigi pada motor jenis ini jauh lebih dekat.

Sedangkan, pada lubang klep motor biasa bentuknya jauh lebih panjang dan sempit sehingga menghasilkan tarikan mesin yang lebih baik. Tak hanya itu, katup keluar masuk pada motor biasa juga lebih kecil dibanding katup pada motor yang digunakan oleh pembalap. Hal inilah mengapa motor biasa jauh lebih irit bahan bakar ketimbang motor balap.

Ketahanan motor

Untuk segi ketahanan, mesin motor balap biasanya lebih cepat rusak karena sistem kerja mesin membutuhkan kecepatan super. Hal ini mengakibatkan mesin pada motor balap akan cepat terkikis dan akhirnya rusak. Berbeda dengan motor biasa yang mesinnya lebih awet karena sistem kerja mesin yang tidak dibebankan dengan tarikan kencang. Oleh karena itu, sebelum memutuskan memodifikasi motor biasa Anda menjadi motor balap, sebaiknya pertimbangkan secara matang-matang dan sesuaikan dengan kebutuhan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Leave a Comment