Cek Beberapa Hal Ini Sebelum Jual Beli Motor Bekas

Sekarang ini, banyak sekali orang yang mudah bosan dengan barang-barang yang ia miliki, baik itu barang elektronik seperti HP, laptop, tablet, hingga otomotif. Tak jarang masyarakat sekarang ini mudah untuk berganti-ganti kendaraan bermotor mereka. Banyak faktor yang mendasari mereka untuk mengubah dan mengganti kendaraan mereka, baik karena faktor bosan, faktor mengikuti tren terkini, hingga faktor kemudahan untuk over kredit kendaraan bermotor. Ya, hal itu memanglah wajar. Akan tetapi, kalian perlu memperhatikan kondisi kendaraan tersebut apabila kalian ingin membelinya, terutama cek juga harga dari motor itu sendiri, baik harga CBR250RR 2018, harga Vixion, maupun motor-motor yang lainnya. Namun, sebelum itu, kita cek tips-tips jual beli motor bekas.

Pertama, dari kondisi kendaraan, apakah pernah jatuh apa belum. Kalian bisa mengeceknya pada tutup master rem depan atau tempat minyak rem dan juga di ujung-ujung setangnya. Apabila sudah lecet atau terkikis atau baret kemungkinan itu sudah pernah jatuh.

Kedua adalah pada suara mesin, apakah itu kasar ataukah tidak. Ketiga adalah record bengkel service-nya di mana, lalu datang ke bengkel tersebut dan tanya pada mekaniknya, bagian apa yang sudah rusak maupun diganti. Keempat adalah coba bawa mekanik rekomendasi teman Anda atau mekanik kepercayaan Anda. Kelima, cek surat-surat kelengkapannya, dimulai dari Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan juga faktur pembelian. Sebab, apabila surat-surat tersebut hilang, maka akan sulit ganti nama dan juga sulit untuk dijual kembali. Dan jangan lupa juga melakukan kesesuaian nomor rangka, nomor mesin yang ada di motor dengan yang ada di surat-surat agar tidak ada yang dipalsukan.

Setelah itu, juga lakukan general checking. Di antaranya adalah cek baut, apakah baut tersebut masih lengkap, apakah baut tersebut sesuai atau sejenis atau sewarna dengan motornya. Pokoknya, baut-baut yang ada di setiap sektornya itu sejenis. Selanjutnya adalah lihat keadaan bodi atau keseluruhan, seperti catnya pudar, kilap motornya, bodinya lecet, winshield-nya, dan lainnya. Kalau perlu, kalian kelilingin dari depan ke belakang, dari atas ke bawah hingga beberapa kali untuk memastikan benar adanya. Lalu, kalian coba menyalakan motornya, cek kunci kontaknya, cobalah menyalakan mesinnya, apakah kasar atau tidak. Dan jangan lupa juga meminta untuk test ride apabila penjualnya memperbolehkan.

Apabila diperbolehkan, maka lanjut ke pengecekan selanjutnya. Cobalah untuk riding di kecepatan yang agak tinggi di jalanan yang lurus dan agak jauh. Kalian juga lepas tangan dari setang tersebut, apakah masih normal ataukah berkelok-kelok ketika dilepas. Apabila baru atau benar-benar belum jatuh, maka motor tersebut balance. Jangan lupa juga untuk mengecek segitiga bawah maupun segitiga atasnya. Karena, ini adalah harga mati dari motornya. Coba juga untuk handling-nya untuk berkelok ke kanan maupun berkelok ke kiri, apakah mudah atau agak sulit.

Pada segi harga, cobalah bandingkan harga motor second yang ingin kalian beli, baik dari teman kalian, maupun dari website-website favorit kalian. Apabila harga tersebut tidak terlalu jauh, maka kalian bisa membelinya. Apabila harga motor tersebut lebih mahal, maka kalian bisa menawarnya. Kemudian, apabila harganya lebih rendah bahkan terlalu rendah, kalian harus cross cek dan waspada, apakah motor tersebut merupakan motor dari dealer ataukah motor curian. Kita tidak mau bukan menjadi penadah motor tersebut, sedangkan kita tidak mengetahui apa-apa.

Terakhir, pastikan dalam transaksi, kalian diberikan kwitansi yang telah disisipkan materai, ini akan berguna untuk nanti kalian mengganti nama atas motor kalian tersebut.

Baca juga di siniĀ https://review.bukalapak.com/amp/auto/harga-honda-cbr-250rr-2018-lebih-murah-ini-bedanya-40867

Leave a Comment