Bingung Pilih Gaya di Tempat Modifikasi Motor, Coba Modifikasi Motor Scrambler yang Unik Ini

Buat kamu yang senang memodifikasi motor kesayangan, sudah pernah coba memodifikasi motormu dengan gaya scrambler belum? Jika belum dan kamu bingung bagaimana caranya, pas banget kamu baca artikel ini. Motor scrambler atau motor dengan modifiasi scrambler sering dianggap sebagai motor bergaya unik nan menarik. Cara memodifikasi motor agar bergaya scrambler tidak terlalu rumit kalau kamu mau belajar. Yuk, langsung saja simak bagaimana cara memodifikasi motor agar bergaya scrambler berikut ini!

Lakukan Pemotongan Rangka Belakang

Langkah awal untuk membuat modifikasi motor bergaya scrambler adalah dengan melakukan pemotongan rangka belakang motor. Proses ini memang terbilang cukup berisiko. Jadi, pastikan kamu membawa motormu ke tempat modifikasi motor yang sudah terpercaya untuk melakukan langkah yang satu ini. Pemotongan rangka belakang sendiri dilakukan untuk mengganti bagian belakang motor dengan besi lengkung supaya berbentuk seperti buntut tawon. Tidak hanya itu, jok motor juga harus diubah menjadi lebih tipis dengan jahitan membujur.

 

Tambahkan Ground Clearance

Ada satu bagian yang perlu kamu tambahkan untuk menyulap motormu menjadi motor scrambler. Bagian tersebut adalah ground clearance. Ground clearance diperlukan untuk menunjang kemampuan motor dalam melalui medan off-road. Pada motor scrambler, biasanya setang diganti menjadi lebih lebar. Selain itu, panel meter juga bisa kamu ganti menjadi bentuk bulat untuk mennguatkan kesan retro atau klasik pada motor scramblermu.

 

Pilih Ban untuk Dual Purpose

Motor modif scrambler biasanya memiliki ban yang cenderung bertipikal datar dan bercorak seperti motor trail. Lalu, apa yang membedakan motor scrambler dengan motor trail? Perbedaannya terletak pada ukuran ban. Pada motor scrambler, ukuran ban yang digunakan cenderung lebih besar dan tidak sedalam ban motor garuk tanah. Biasanya ukuran yang dipilih berkisar pada angka 100/80 sampai 160/70. Ukuran ban ini bisa kamu sesuaikan dengan segitiga suspensi depan atau lebar fork dan swing arm serta performa motor.

 

Ganti Suspensi dengan Diameter Besar

Gaya scrambler juga bisa kamu dapatkan dengan mengganti atau memasang suspensi upside-dowm berdiameter besar di bagian depan. Untuk menimbulkan kesan dan efek retro, kamu bisa memilih suspensi teleskopik. Selain itu, dual suspension atau mono-shock juga bisa digunakan pada kaki belakang. Jika kamu ingin menghemat biaya modifikasi, biasanya suspensi tetap dibiarkan seperti aslinya.

 

Buat Posisi Knalpot Lebih Naik dan Hampir Sejajar dengan Rangka

Salah satu ciri khas motor modifikasi gaya scrambler adalah posisi knalpotnya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan motor pada umumnya. Namun, ketinggian knalpot motor scrambler tidak sampai persis di bawah jok seperti pada motor trail. Untuk kamu yang merasa kurang nyaman dengan knalpot tinggi, kamu bisa hanya mengganti muffler motor. Setelah itu, lakukan finishing denga rapi supaya motor modifikasi bergaya scramblermu lebih apik lagi.

 

Setelah tahu bagaimana cara memodif motor bergaya scrambler, dalam artikel ini penulis juga mau berbagi informasi mengenai sejarah scrambler nih. Aliran modifikasi scrambler ini muncul pertama kali pada pertengahan tahun 1960-an. Pada awal kemunculannya, motor scrambler banyak digunakan untuk balap jalanan melewati jalur tercepat tanpa memedulikan lintasan yang berupa aspal, tanah, lumpur, sungai, dan lainnya. Nah, untuk menunjang hal tersebut, para bikers memodifikasi motornya supaya dapat tetap melaju di segala medan. Modifikasi yang dilakukan di antaranya dalah mengurangi bobot motor, menggunakan suspensi yang lebih tinggi, pelek jari-jari dual purpose, dan knalpot yang lebih tinggi agar mendapat ground clearance yang lebih banyak.

 

Itulah dia cara memodifikasi motor bergaya scrambler dan sedikit mengenai sejarah aliran modifikasi scrambler. Bagaimana, kamu tertarik untuk mempunya motor bergaya scrambler yang tangguh di segala medan ini?

 

Sumber gambar: duckduckgo.com

Leave a Comment