Berbagai Bagian-Bagian Penting dari Motor Balap

Berbagai Bagian-Bagian Penting dari Motor Balap

Pebalap dan motor merupakan hal yang paling utama ketika Anda bicara soal dunia balap. Tentu saja, ketika pebalapnya sudah siap, maka hal selanjutnya yang harus disiapkan adalah motor yang digunakan untuk balapan. Dibutuhkan motor balap yang memiliki performa tinggi untuk bisa melewati sirkuit hingga finish. Apalagi jika balapannya banyak lap, tentulah motor menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya mesin, beberapa sparepart lainnya juga harus ada pada motor. Berikut ini beberapa komponen yang memiliki peranan dan fungsinya masing-masing!

Berbagai Bagian-Bagian Penting dari Motor Balap

  • Suspensi

Suspensi menjadi salah satu bagian penting sepeda motor. Sebab untuk bisa memodifikasi kaki-kaki agar motor balap Anda nyaman pada saat digunakan maka hal yang harus menjadi perhatian adalah ketika pemasangan suspensi. Penyetingan suspensi harus dilakukan dengan baik. Biasanya penyetingan akan disesuaikan dengan kondisi trek dan juga karakter dari pebalap. Penyetingan suspensi juga akan berpengaruh pada boros atau tidaknya ban motor pada saat digunakan waktu balap. Biasanya jika penyetingan dilakukan dengan benar, maka akan menghemat penggunaan ban.

  • Rem

Tidak jauh berbeda dengan suspensi, hal yang satu ini juga merupakan komponen yang penting pada motor balap. Rem adalah bagian terpenting dari motor, tidak peduli apapun jenis motornya. Sebab, pada kecepatan tinggi, rem akan bekerja sangat keras untuk bisa menahan laju dari kendaraan tersebut. Sehingga tak heran jika keberadaan rem menjadi sangat vital. Apalagi ketika pebalap harus memacu motornya sekencang mungkin sampai batas maksimal, maka kebutuhan akan rem tak boleh dipandang sebelah mata.

  • Ban

Komponen yang penting selanjutnya pada motor balap adalah ban. Sebab dengan memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan akan menjadi faktor penentu lainnya dari keberhasilan seorang pebalap. Pemakaian ban akan disesuaikan dengan kondisi sirkuit. Tetapi tidak hanya kondisi trek saja, kondisi cuaca pun juga akan sangat diperhatikan dalam pemakaian ban. Biasanya pabrikan ban membuat beberapa tipe ban yang bisa digunakan dalam trek basah atau kering. Pemilihan ban juga akan dipengaruhi oleh jenis compound.

  • Pengapian (ECU/CDI)

ECU atau singkatan dari Electronic Control Unit merupakan unit kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengoptimalisasi kinerja mesin kendaraan. ECU juga memiliki peranan penting pada motor balap. ECU standar akan dipatok dengan limit antara 9500 sampai dengan 10500 rpm tergantung dengan jenis motornya.

  • Stang

Hal berikutnya yang menjadi sangat penting adalah bagian stang. Tentu saja Anda tak bisa membayangkan bagaimana jadinya motor balap tanpa stang, pasti tak akan bisa digunakan bukan? Meskipun tampak biasa, namun keberadaan ternyata merupakan hal yang menjadi sangat penting untuk motor balap. Sebab stang berfungsi untuk mengatur arah dan membelokan roda untuk mengarahkan kendaraan sepeda motor. Sehingga wajar jika fungsinya sangat vital.

Leave a Comment