10 Motor Balap Valentino Rossi

10 Motor Balap Valentino Rossi

Motor Balap merupakan motor ynag biasanya di gunakan untuk balapan dalam olah raga balap motor. Balap motor adalah olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor. Balap motor cukup populer di Indonesia. Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) adalah badan Internasional yang berfungsi menaungi berbagai jenis kegiatan-kegiatan olah raga balap motor tersebut. Pada saat ini balap motor yanh di minati banyak orang adalah motoGP, dalam acara motoGP pastinya tidak asing dengan Valentino Rossi yang sangat legendaris dalam dunia balap motor.

10 Motor Balap Valentino Rossi

Motor Balap Valentino Rossi di kategorikan motor yang sangat melegenda, Valentino adalah pembalap asal Italia. Valentino Rossi memiliki beberapa Motor Balap yang menjadi saksi dalam olah raga balap motor. Berikut adalah 10 motor balap Valentino Rossi :

  • APRILLIA RS125

Motor ini termasuk motor yang paling bersejarah dalam karier Valentino Rossi. Bersama RS125R. Dia meraih gelar juara dunia di kelas 125cc dengan menyabet 11 podium dari 15 seri pada 1997. Podium pertama Rossi bersama motor RS125R terjadi pada GP Republik Ceska di Brno, pada Agustus 1996. Kala itu dia bersaing ketat dengan pembalap asal Spanyol, Jorge Martinez.

  • APRILLIA RS250

Rossi bergabung bersama tim Aprilia Grand Prix Racing dengan menggeber motor RS250 pada tahun 1999. saat itu Rossi meraih gelar juara dunia di kelas 250cc.

  • HONDA NSR500

Sesudah memiliki kesuksesan pada kelas 250cc, selanjutnya Valentino Rossi langsung naik kelas dalam kelas 500cc dengan tim Nastro Azzurro Honda. Di kelas 500cc Rossi bertarung ketat dengan Max Biaggi yang membela Yamaha. Persaingan dengan sesama pembalap Italia itu berhasil dimenangi Rossi.

  • YAMAHA YZR – M1 – 800 CC

Bertahan tiga musim bersama Repsol Honda dan mendapat tiga gelar juara dunia tidak membuat Rossi ragu menjajal peruntungan baru. Dia hengkang dan bergabung bersama Gauloises Fortuna Yamaha pada 2004. Tidak lama setelah dia bergabung dab beradaptasi. Dia langsung meraih gelar juara dunia dengan memenangi sembilan seri dan mengumpulkan 304 poin bersama motor YZR-M1.

  • YAMAHA YZR – M1

Tahun 2006 adalah tahun yang cukup menyesakkan bagi para penggemar Rossi. Di paruh pertama musim itu, Rossi sering terjatuh dan bermasalah dengan motornya, sehingga pembalap Honda Nicky Hayden mampu memimpin.

  1. YAMAHA YZR – M1  , dengan mesin 800 cc.
  2. YAMAHA YZR – M1 tahun 2008.
  3. DUCATI

Rossi pindah ke Ducati, harapan terhadap Rossi begitu besar. Di awal seri, Rossi gagal memacu Ducati Desmosedici tunggangannya ke barisan terdepan. Banyak yang menganggap bahwa Rossi dan Ducati masih mencari pengaturan yang pas. Namun pada tahun 2011, hentakan Rossi bersama Ducati tidak juga terlihat. Rossi hanya sekali berhasil naik podium dan harus puas di peringkat ketujuh. Memasuki musim baru di 2012, optimisme baru kembali muncul. Rossi diyakini bisa menghentak di musim keduanya. Namun hentakan yang dinanti juga tak pernah muncul. Sehingga Rossi memutuskan untuk keluar dan kembali ke Yamaha.

  1. YAMAHA YZR – M1 Tahun 2013
  2. YAMAHA YZR – M1, tahun 2013.

Motor Balap milik Valentino Rossi memanag sangat legendaris dan menjadi saksi bisu dari perjalanannya selama dalam dunia balap motor. Di atas adalah beberapa motor balap Valentino Rossi. Demikian informasi yang saya ulas semoga bermanfaat. Dan jangan lupa pantau terus balap motoGP bagi yang menyukainya.

Leave a Comment