Waspada! Inilah Onderdil Motor yang Mudah Rusak

Memiliki sepeda motor tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas. Dengan menggunakan motor, maka Anda bisa menerobos kemacetan kota dengan lebih mudah. Tetapi terkadang ada kondisi tidak terduga dimana motor tiba-tiba ngambek dan mogok di tengah perjalanan karena alasan onderdil motor rusak. Hal ini tentu akan sangat merusak hari indah Anda bukan? Untuk itu, pastikan selalu rawat motor Anda dengan menservisnya secara berkala.

Memang normal jika motor terkadang mogok dan ngambek. Namun bukan berarti tidak ada cara mencegahnya. Salah satu cara mencegah motor yang tiba-tiba mogok adalah dengan selalu memperhatikan spare part motornya. Berikut ini beberapa jenis spare part motor yang mudah sekali rusak:

  • Busi

Komponen motor yang satu ini memang bentuknya sangat kecil, namun kontribusinya dalam kinerja mesin motor sangatlah besar. Umumnya ketika motor mati tiba-tiba di tengah jalan, maka benda pertama yang akan dicek oleh para montir adalah busi ini. Alasan kerusakan busi bisa karena terkena cairan atau mati karena usia pakai yang sudah terlalu lama.

  • Kampas rem

Untuk komponen yang satu ini sangat rentan aus. Bagian sistem rem tromol atau cakram pun punya usia yang cukup singkat. Alasan mengapa rem ini cepat aus pun beragam mulai dari kegunaan hingga karena setelannya yang kurang maksimal. Ada baiknya memilih kampas rem berkualitas sehingga usianya bisa lebih lama.

  • Laher

Laher atau biasa disebut juga dengan bearing roda ini ketika sudah aus akan menimbulkan velg menjadi bergoyang. Alasannya pun juga banyak mulai dari jalanan yang memang keras dan medan yang kasar dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 MANFAAT DENGAN ANDA RUTIN MENGGANTI ONDERDIL MOTOR

  • Komstir

Onderdil motor yang satu ini juga bisa rusak akibat dari kondisi jalanan yang rusak dan kasar sehingga menghajar ke bagian lakher hingga komstirnya. Selain itu, alasan mengapa komstir ini mudah rusak juga karena salah dalam pemasangan. Mengingat harganya yang cukup mahal jika komstir ori, maka ada baiknya untuk menjaga komstir ini tetap dalam performa yang baik.

  • Aki

Meski memang bagian aki ini tidak terlalu mudah rusak, namun juga sering tekor di beberapa kondisi. Umumnya adalah lantaran kelebihan dalam beban listriknya, hingga alasan aki basah karena jarang dicek ketinggian dari airnya.

Itulah beberapa bagian onderdil motor yang sangat cepat sekali rusak sehingga butuh perhatian lebih. Untuk mencegahnya, Anda butuh kooperatif dalam perawatannya mulai dari selalu mengecek kondisi motor secara pribadi hingga lakukan servis berkala ke bengkel yang Anda percayai. Pada dasarnya masalah mogok ini adalah akibat dari kerusakan sederhana, namun jika kerap terjadi maka akan sangat merepotkan bukan?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *