Home Auto Urus Balik Nama Mobil dengan Mudah, Gak Pake Ribet

Urus Balik Nama Mobil dengan Mudah, Gak Pake Ribet

by Caswitin
biaya balik nama motor

Sudah menjadi agenda tahunan, bagi anda yang memiliki kendaraan misalnya mobil diwajibkan untuk mebayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Jika anda membeli mobil bekas (second), harus meminjam KTP pemilik mobil tangan pertama saat membayar pajak karena nama pemilik yang tertulis masihlah nama pemilik tangan pertama. Agar tidak meminjam KTP pemilik mobil awal terus menerus, anda bisa melakukan balik nama mobil tersebut. Balik nama ini sebenarnya cukup mudah kok, jika anda tahu prosedur dan berkas apa yang harus disiapkan dan dibawa dalam proses balik nama mobil.

Sebaliknya, bagi sebagian masyarakat, selain karena masalah biaya mutasi dan balik nama mobil yang mahal, juga memerlukan proses yang panjang. Untuk menyiasatinya, daripada anda harus repot bolak-balik meminjam KTP pemilik mobil tangan pertama, lebih baik anda melakukan balik nama mobil. Terlebih nantinya nama pemiliknya secara sah akan berganti menjadi nama anda.

Urus Balik Nama Mobil dengan Mudah, Gak Pake Ribet

Tujuan balik nama mobil nantinya untuk mengganti identitas kepemilikan mobil tangan pertama yang tertera pada STNK dan BPKB. Apabila belum melakukan balik nama mobil, maka akan mempersulit proses perpanjangan STNK tahunan ataupun 5 tahunan. Bayangkan betapa repotnya jika anda terus-menerus meminjam KTP dari pemilik mobil tangan pertama tersebut. Beruntung sekali jika mobil yang anda miliki merupakan pemberian dari orang tua atau hibah kerabat. Berbanding terbalik jika pemilik mobil tangan pertama merupakan orang yang tidak anda kenal sama sekali, tentunya akan menyulitkan anda dalam proses balik nama mobil tersebut.

Terlebih lagi mobil yang anda miliki merupakan hasil kredit atau leasing mobil akan lebih sulit dan merepotkan tentunya. Hal ini disebabkan ketika masyarakat selaku debitur ingin memperpanjang STNK, atau balik nama mobil BPKB di leasing, terkadang terdapat paksaan dari pihak leasing untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut lewat mereka dengan biaya yang tentunya tidak murah. Untuk melakukannya, seseorang yang membayar kredit bulanan harus membuat permohonan perubahan identitas kepada pihak leasing. Caranya dengan memberikan surat kuasa kepada pihak leasing untuk mengurus perubahan data-data balik nama mobil.

balik nama mobil

balik nama mobil

Surat kuasa yang diberikan dipergunakan untuk melimpahkan proses balik nama mobil ataupun mutasi kepada pihak leasing dilakukan jika seluruh proses legal dan administrasi telah beres disepakati. Selain itu, anda juga diwajibkan untuk membuat surat pernyataan bahwa itikad perubahan data dilakukan atas kesepakatan dan keinginan kedua belah pihak. Surat kuasa dan pernyataan tersebut dimaksudkan agar pihak leasing terbebas dari tuntutan hukum bilamana terjadi sengketa nantinya. Keadaan semakin rumit apabila terjadi kehilangan atau indiden kecelakaan saat dokumen tersebut masih mencantumkan nama pemilik tangan pertama.

Baca Juga:  Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Dokumen yang diperlukan dalam proses balik nama mobil dapat dilakukan di Kantor Samsat terdekat. Ada beberapa kelengkapan yang harus Anda persiapkan sebelumnya ialah sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP anda sebagai calon pemilik baru.
2. BPKB asli mobil dan fotokopi
3. STNK asli mobil dan fotokopi
4. Kwitansi jual beli mobil yang dibubuhi material Rp6.000 dan difotokopi
5. Hasil cek fisik mobil anda.

balik nama mobil

balik nama mobil

Urus Balik Nama Mobil dengan Mudah, Gak Pake Ribet

Cara mengurus balik nama mobil hanya bisa dilakukan di kantor samsat dengan membawa dokumen di atas. Berikut prosedurnya:
1. Lakukan cek fisik mobil anda yang telah ditentukan di area Kantor Samsat oleh petugas.
2. Mengisi formulir sesuai data pada STNK.
3. Serahkan formulir dan STNK asli pada petugas di loket.
4. Serahkan bukti cek fisik, STNK asli dan fotokopi, BKPB dan fotokopi BPKB, fotokopi KTP anda sebagai calon pemiliki baru, serta kuitansi kepada petugas.
5. Bayarlah tagihan sesuai dengan nominal yang tertera.
6. Setelah mendapatkan STNK dengan nama anda selesai.
7. Terakhir, pembuatan BPKP baru dapat dilakukan di Kantor Polda setempat dengan membawa STNK asli.

Itulah sedikit tips untuk anda, luangkanlah waktu dan ikuti prosesnya. Semoga berhasil!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More