Tips Tepat Merawat Onderdil Motor Agar Lebih Tahan Lama Dan Awet

Bagi para pengguna sepeda motor istilah onderdil pasti sudah tidak asing lagi. Mengetahui jenis-jenis onderdil motor merupakan pengetahuan yang harus diketahui oleh para pengendara motor. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan pengguna bisa mencegah terjadinya kerusakan atau bisa melakukan langkah yang tepat jika terjadi kerusakan. Selain itu pengguna sepeda motor bisa lebih memahami cara perawatan yang benar.

Membahas perawatan onderdil motor merupakan salah satu hal yang penting karena bisa membuat mesin lebih tahan lama, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya akibat kerusakan atau harus mengganti onderdil dengan yang baru. Apalagi ada beberapa jenis onderdil yang mudah rusak. Jika ada komponen yang sudah tidak layak digunakan sebaiknya segera ganti dengan yang baru, karena jika dipaksakan digunakan bisa memicu kerusakan pada onderdil yang lain.

Beberapa jenis suku cadang yang sering diganti adalah bagian busi, ban belakang bagian dalam, rantai dsb. Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai tips cara perawatan dan pemeliharaan onderdil yang benar.

Membersihkan Secara Rutin Agar Tidak Berkarat

Selalu menjaga kebersihan setiap komponen onderdil, sehingga mampu mencegah proses pengkaratan. Bersihkan secara rutin, karena jika didiamkan terlalu lama bukan hanya menyebabkan karat namun bisa mengalami aus. Jika demikian Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:PERAWATAN MOTOR DAN MOBIL JANGAN LUPA BERSIHKAN KOMPONEN KALBULATOR

Mengganti Saringan Oli

Rutin mengganti saringan pada oli. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pengendara motor setiap sudah melewati batas 2500 jam pemakaian. Hal ini dilakukan agar tidak ada benda asing dan kotoran yang terbawa oleh saringan oli. Apabila tidak diganti bisa menyebabkan kotoran menutup dan menymbat saluran apalagi jika sudah dipakai dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan fungsinya tidak bekerja dengan baik.

Membersihkan Dengan Minyak

Ada beberapa jenis onderdil yang dibersihkan menggunakan pelumas khusus. Beberapa jenis komponen alat berat harus dibersihkan dengan minyak pelumas agar tidak terjadi karat. Namun pastikan jenis minyak pelumas yang digunakan sesuai dengan merk yang dianjurkan..

Penggunaan Yang Tepat

Hindari menggunakan mesin alat berat yang temperature-nya berlebihan. Karena jika terus menerus digunakan dengan suhu yang tinggi bisa memicu terjadinya kebocoran di mesin. Akibatnya komponen-komponen yang terdapat dalam mesin mengalami juga kerusakan dan harus diganti dengan yang baru.

Dengan memperhatikan tips perawatan onderdil motor yang sudah kita bahas tersebut diharapkan membuat onderdil pada motor mampu bertahan lebih lama dan awet. Jika Anda tidak bisa melakukan perawatan seperti yang sudah kita bahas, caranya bisa membawa motor ke bengkel atau minta tolong kepada kawan yang mengerti seputar onderdil. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *