Tips Saat Naik Motor di Musim Hujan

tips saat naik motor

Motor merupakan kendaraan yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat. Mengendarai motor dinilai lebih efektif dibandingkan mengendarai mobil. Karena hanya dengan motor saja Anda bisa memecah kemacetan dan bisa sampai di tempat tujuan dalam waktu yang sangat singkat. Motor tak hanya cocok dikenakan untuk menerobos kemacetan saja. Akan tetapi juga cocok dikendarai pada musim hujan. Dimana banyak jalanan yang mengalami banjir dan sangat tidak memungkinkan untuk dilintasi mobil. Akan tetapi ternyata ada tips saat naik motor di musim hujan. Apakah Anda sudah mengetahui apa saja tips tersebut?

Helm

Baca Juga : Tips saat servis motor

Meskipun dalam keadaan hujan yang sangat deras, Anda tetap saja diwajibkan mengenakan helm. Karena dengan menggunakan helm Anda bisa lebih aman dan bisa mengurangi resiko untuk mengalami sesuatu yang tidak diinginkan dijalan. Selain itu ada beberapa manfaat lagi jika Anda meggunakan helm pada saat hujan deras. Antara lain:

  • Bisa melindungi kepala dari tetesan air hujan yang bisa menyebabkan sakit kepala atau masuk angin.
  • Jika kacanya ditutupkan, bisa membuat mata Anda terhindar dari cipratan air. Namun perlu diketahui, jangan menutup helm sepenuhnya karena hal tersebut justru berbahaya dan membuat penglihatan Anda menjadi berkurang.

Jas hujan

Tips saat naik motor di musim hujan yang kedua adalah tetap mengenakan jas hujan. Jas hujan ini tidak hanya menutupi tubuh Anda dari cipratan air saja. Tetapi bisa juga mencegah datangnya penyakit masuk angin setelah hujan-hujanan di jalan. Disarankan untuk menggunakan jas hujan yang desainnya berupa setelah. Jas hujan setelan dinilai lebih aman dibandingkan dengan jas hujan kelelawar. Jika Anda menggunakan jas hujan kelelawar akan lebih berbahaya karena beberapa bagiannya menyentuh bagian bawah motor. Dikhawatirkan bagian bawah jas hujan masuk ke dalam jeruji motor dan mencelakakan Anda.

Konsentrasi

Terpenting dari semua itu adalah Anda harus tetap konsentrasi pada saat mengendarai sepeda motor. Maklum beberapa pengendara sering tidak fokus pada saat hujan datang karena banyaknya cipratan air yang mengganggunya. Agar aman, nyalakan lampu bagian depan dan belakang kendaraan. Selain bisa membuat Anda lebih aman, langkah ini ternyata juga bisa membuat pengendara lain lebih tahu jika Anda sedang melintas disekitar mereka.

Apabila memang hujan sangat deras, lebih baik Anda berteduh di tempat yang aman. Usahakan tidak berteduh di bawah pohon karena hal ini bisa memperbesar kemungkinan untuk tersengat petir. Akan lebih baik jika Anda berlindung di tempat yang juga sedang digunakan untuk berteduh oleh banyak orang. Jika memang sudah benar-benar reda, barulah Anda melanjutkan perjalanan. Demikian tips saat naik motor di musim hujan dan selamat menerapkan tips ini saat musimnhujan tiba.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *