Tips Rawat Knalpot Motor Orisinil dengan Mudah

Setiap kendaraan mempunyai berbagai komponen sebagai kesatuan yang menghasilkan alat transportasi yang begitu aman dan nyaman digunakan. Bila membicarakan mengenai komponen yang bisa di dalam kendaraan bermotor, pasti tidak akan lepas dari perawatan berkala agar kita dapat menjalankan fungsinya dengan baik. salah satu perawatan yang perlu Anda perhatikan adalah knalpot motor atau lubang buang pada kendaraan. Knalpot adalah komponen yang vital di tiap kendaraan. knalpot berguna memproses kembali hasil pembakaran bahan bakar dan oksigen.

Jika knalpot tidak berfungsi sebagai mana mestinya, pemanfaatan hasil pembakaran mesin akan menjadi kurang optimal, bahkan tidak optimal, sehingga memungkinkan terjadinya boros bahan bakar, bahkan tenaga dari motor akan menjadi loyo. Agar tidak terjadi masalah ini, Anda harus merawat knalpot dengan baik. sebelum masuk pada cara perawatan knalpot, Anda harus mengetahui bila fungsi knalpot adalah alat penyalur gas sisa dari pembakaran, selain itu knalpot berguna sebagai pendukung tampilan motor.

Apa jadinya jika kendaraan Anda tidak memiliki knalpot motor? Pasti akan mengalami masalah bukan? Oleh sebab itu knalpot begitu penting untuk menjaga suara, performa hingga kondisi dari motor tersebut. Umumnya, knalpot mempunyai masa kegunaan yang lama. Namun dengan usia tersebut, pasti akan memungkinkan terjadinya karat atau korosi yang berada di komponen gas buang yang terjadi karena perbedaan suhu antara di luar dan di dalam knalpot.

Bila Anda memiliki tempat tinggal di daerah dekat pantai, korosi pada knalpot akan lebih cepat terjadi, karena besarnya air garam di udara sekitar, sehingga memungkinkan kotoran menjadi lekas menempel bila dibandingkan dengan Anda yang memiliki lokasi jauh dari arah pantai. Agar knalpot original Anda bisa berada dalam kondisi yang performa maksimal dan mempunyai tampilan bersih, simak tips di bawah ini.

Berikut beberapa tips merawat knalpot motor orisinil yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  1. Bersihkan lubang buang dengan memberikan oli secukupnya di lubang silincer dalam waktu 2 bulan sekali, hal ini digunakan untuk mencegah kebocoran maupun pengeroposan knalpot di bagian silincer atau leher knalpot,
  2. Bila sudah terjadi korosi di knalpot, segera bersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat yang masih bagus dan kuat, caranya menggunakan detergen dan oleskan di bagian knalpot yang kotor. Untuk membersihkan kotoran membandel, Anda bisa menggunakan sikat kawat agar semakin mudah membersihkan kotoran tersebut,
  3. Bila bagian pipa sudah bersih, lakukan perawatan pembersihan dengan mengolesi oli bersih di leher knalpot secara merata,
  4. Setelah mencuci kendaraan, jangan lupa melakukan pengeringan. Lebih-lebih di bagian knalpot. Untuk pengeringan di bagian knalpot, lakukan secara hati-hati, bila perlu semprotkan bagian knalpot dengan menggunakan cairan anti karat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *