Tips Perawatan Motor Matic

Motor matic saat ini menjadi salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan, apalagi oleh wanita dengan alasan mudah digunakan karena tidak perlu memasukkan persneling ketika melaju. Meski mudah digunakan, tentunya perawatan motor matic pun harus tetap diperhatikan. Dan berikut ini adalah beberapa cara merawat motor matic yang harus dilakukan agar tetap awet:

  • Panaskan Motor Sebelum Digunakan

Saat pagi hari atau sebelum motor digunakan sebaiknya panaskan mesin motor terlebih dahulu. Kenapa hal ini harus dilakukan? Yaitu agar keseluruhan oli dapat tercampur ke dalam mesin sehingga performanya dapat maksimal. Untuk memanaskan motor cukup hidupkan mesin selama 5 menit hingga 10 menit sebelum melaju.

  • Jangan Terlalu Sering Mengubah Laju Kecepatan

Apabila menggunakan motor matic, jangan suka mengubah laju terlalu cepat, misalnya pada awalnya mengebut dengan kecepatan tinggi, kemudian tiba-tiba mengerem mendadak, lalu kemudian melajukan motor lagi dengan kecepatan tinggi. Pengubahan laju kecepatan secara mendadak dapat mengakibatkan mesin motor matic cepat rusak.

  • Cek Bahan Bakar

Selalu cek bahan bakar, jangan biarkan motor matic kehabisan bensin atau bahkan sampai tangki bensin kosong. Apalagi jika menggunakan motor matic injeksi, ini bisa mengakibatkan kerusakan mesin. Untuk mempertahankan kualitas mesin motor matic, maka perawatan motor yang juga harus dilakukan adalah dengan memilih bensin atau bahan bakar yang berkualitas. Sebaiknya isi bahan bakar di SPBU, bukan di penjual bensin eceran karena dikhawatirkan bahan bakar yang dijual adalah bahan bakar campuran yang berbahaya bagi kondisi mesin.  .

  • Rutin Mengganti Oli Motor

Memiliki motor matic haruslah menjaga perawatannya dengan rutin mengganti oli motor setiap 1000 KM, sedangkan untuk oli transmisi motor maksimal jika penggunakan motor telah mencapai 5000 KM.

  • Memeriksa Kondisi Busi dan Aki

Busi dan aki adalah komponen motor yang harus diperhatikan dan dijaga performasnya agar motor selalu stabil dan tidak mudah mogok. Jika busi serta aki sudah tidak berfungsi, maka harus diganti segera, usahakan untuk penggantian komponen-komponen tersebut dilakukan di bengkel resmi.  

  • Periksa Roler dan Ventbelt

Pada motor bebek terdapat gear serta rantai motor, sedangkan pada motor matic terdapat roler serta venbelt yang harus dijaga dan dirawat. Apabila kedua komponen tersebut sudah tidak layak pakai maka harus diganti dengan yang baru, usahakan ganti dengan komponen orisinil.

  • Ganti Oli Shockbreaker

Oli bukan hanya ada pada bagian mesin motor, akan tetapi juga terdapat pada bagian shockbreaker. Oli pada shockbreaker pun harus selalu diganti secara rutin hal ini agar shock motor tetap bisa berfungsi dengan baik. Idealnya oli shock motor diganti saat sudah mencapai 10.000 KM

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan dalam perawatan motor matic agar selalu awet dan terjaga serta tidak mudah rusak sehingga nyaman ketika dikendarai, baik dalam jarak pendek maupun jarak jauh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *