Tips Perawatan Motor Matic

Tips Perawatan Motor Matic

Saat ini motor matic bisa dikatakan primadona. Banyak sekali orang yang beralih dari motor manual ke motor matic. Wajar memang, karena lebih simpel dipakai. Apalagi orang yang tinggal dikota besar yang mempunyai kepadatan lalu lintas yang tinggi. Pada kondisi seperti itu anda yang memakai motor matic lebih diuntungkan. Tapi ditengah perbedaan kedua jenis motor tersebut, ada persamaannya yaitu sama – sama harus dijaga dan dirawat. Perawatan motor matic maupun manual sama pentingnya. Tanpa perawatan kondisi motor tidak terjaga dengan baik. Resiko terkena kerusakan menjadi lebih besar. Dan saat ini kita akan bicara tentang motor matic. Ada tips perawatan motor matic yang bisa anda jadikan pegangan.

Tips Perawatan Motor Matic

Perawatan motor matic yang baik akan menghasilkan motor dengan kondisi yang terjaga atau terawat. Harus diingat semua barang termasuk motor makin berumur bukan semakin bertambah baik tapi makin menurun kemampuannya atau kondisinya. Itulah kenapa dibutuhkan perawatan. Perawatannya apa saja, ini dia ulasannya :

  • Panaskan setiap hari

Perawatan motor matic yang pertama adalah panaskan motor matic anda setiap hari. Ini terlepas mau dipakai atau tidak. Pada umumnya dilakukan pada waktu pagi hari. Caranya hidupkan mesin motor dan biarkan beberapa menit. Kurang lebih 10 menitan tanpa digas.

  • Biasakan hidupkan 1 menit sebelum dipakai

Tips perawatan motor matic ini mirip dengan yang sebelumnya. Pada umumnya kebanyakan orang ketika akan memakai motor, begitu dihidupkan langsung berangkat. Ini kebiasaan kurang baik. Yang baik seperti apa? Hidupkan mesin lalu biarkan kurang lebih 1 menit baru gas atau berangkat (pakai). Ini dilakukan untuk memberi waktu pada oli untuk naik mengaliri mesin dulu.

  • Ganti oli rutin

Perawatan motor matic yang satu ini termasuk sangat penting untuk dilakukan. Istilahnya wajib banget dilakukan. Jangan sampai motor matic anda kekurangan oli apalagi kehabisan. Jika sampai kehabisan oli, mesin motor anda akan rontok. Indikasi awalnya knalpot motor berasap. Mesin cepat panas. Lama kelamaan merembet ke sisi tenaga yang akan terus berkurang atau menurun. Ujungnya motor matic anda mati total. Untuk menjaga hal itu, rutinlah ganti oli. Untuk patokannya jika sudah mencapai pemakaian 1000 km, sudah saatnya ganti oli. Kalau diganti sebelum itu boleh? Tentu saja boleh banget, apalagi sudah dipakai perjalanan jauh.

  • Service berkala

Service berkala tentu saja penting. Ini untuk mengecek kondisi motor dan menyetingnya lagi ke kondisi standar. Karena setelah pemakaian pasti ada perubahan – perubahan pada kondisi motor anda. Minimal karburator anda kotor, perlu dibersihkan.

Sebenarnya masih ada tips lainnya, tapi itu sudah cukup untuk mewakili dari keseluruhan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *