Tips Mudah Perawatan Motor Injeksi

Performa motor merupakan hal yang terpenting jika Anda adalah seorang pengendara motor sejati yang kemanapun selalu ditemani motor kesayangan. Kini perkembangan teknologi untuk motor sudah semakin berkembang sehingga motor pun mengikuti perkembangan zaman. Saat ini sedang banyak motor yang di perbarui dengan teknologi injeksi yang bisa memberikan performa maksimal untuk motor dengan efisiensi untuk bahan bakarnya. Perawatan motor injeksi pun dibutuhkan sehingga kualitas motor selalu maksimal.

Bagi Anda pemilik motor injeksi, maka bisa merawat motor Anda dengan cara mudah berikut ini:

  • Pakailah bahan bakar yang memiliki oktan tinggi

Yang pertama adalah dengan memilih bahan bakar oktan tinggi, misalnya 90 ke atas. Hal ini dilakukan agar bisa menyempurnakan dari segi pembakaran di mesin motor Anda. Dengan memakai bahan bakar oktan tinggi, maka kinerja mesin pun juga akan semakin maksimal sehingga tidak mudah mengakibatkan kerusakan di motor Anda.

  • Perhatikan kondisi AKI

Perawatan motor injeksi yang kedua adalah dengan selalu memperhatikan dari segi kondisi aki. Kondisi aki ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi keseluruhan motor karena memang penghidup mesin pada jenis motor injeksi adalah pada akinya. Untuk itu jika Anda memiliki motor injeksi, maka pastikan untuk selalu memeriksa kondisi aki sehingga tetap terjaga. Aki di dalam motor injeksi berfungsi sebagai sistem pembakaran dan juga sumber listrik di motor injeksi.

  • Ganti oli secara berkala

Ketika Anda merawat motor injeksi, penggantian oli juga perlu dilakukan paling tidak setiap 2 bulan sekali atau hingga motor bisa menempuh di jarak 1.000 km. Disarankan juga untuk menghindarkan mesin motor sampai kering karena kinerja mesin bisa mudah terganggu. Selain itu, apabila motor kekurangan pelumas cenderung akan mudah rusak. Jangan lupa bagian oli gear juga perlu diganti setiap 5.000 km.

Baca Juga: Tips Otomotif Perawatan Motor Agar Performanya Tetap Prima

  • Periksa ECU

ECU atau Electronic Control Unit merupakan otak dari operasi sistem injeksi di motor Anda. keseluruhan unik injector baik dalam takaran bahan bakar yang disemprot atau dibuka tutup ini akan diatur keseluruhannya menggunakan ECU ini. Oleh karena itu, apabila bagian sistem ini terganggu maka keseluruhan motor akan terganggu juga sehingga motor bisa mogok. Untuk itu, pastikan selalu periksa ECU sehingga kondisi kinerja motor bisa berfungsi secara maksimal.

  • Merawat busi

Perhatikan juga bagian kondisi busi di motor Anda karena busi adalah pemantik api yang dibutuhkan untuk pembakaran mesin motor. Pastikan untuk selalu memeriksa busi secara teratur untuk melihat apakah busi bekerja dengan baik atau tidak.

Itulah beberapa cara mudah dalam perawatan motor injeksi. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jadwal servis secara berkala. Anda bisa servis di bengkel resmi atau bengkel biasa yang selalu jadi langganan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *