Tips Modif Motor tetap Aman dari Pelanggaran Lalu Lintas

Tips Modif Motor tetap Aman dari Pelanggaran Lalu Lintas

Modif motor merupakan style yang lagi trend di kalangan anak muda. Dengan modif, maka motor pun menjadi terlihat lebih keren.  Namun sangat disayangkan, anak-anak muda jaman sekarang biasanya memodifikasi motornya terlalu parah dan ekstrim sehingga tidak sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Tips Modif Motor tetap Aman dari Pelanggaran Lalu Lintas

Dengan demikian, maka tak jarang modif motor yang terlalu berlebihan alias tidak sesuai standar keamanan akan menjadi incaran pak polisi. Nah, jika sobat ngotot tentu resikonya akan besar apabila terkena tilang sobat bisa terkena denda yang besar, motor disita, hingga sobat pun bisa masuk penjara maksimal 1 tahun.

Sebenarnya pak polisi bukannya menghalangi kreatifitas kita kok, bukan juga pak polisinya nggak ngerti trend anak muda, tetapi semua itu untuk keselamatan kita sendiri. Asalkan modifikasi yang sobat lakukan tidak terlalu berlebihan atau tidak melebihi batas keamanan, maka tetap aman kok. Lalu bagaimana sih tips modifikasi motor agar bebas pelanggaran lalu lintas? Oke deh simak berikut ini:

  1. Tidak diperkenankan mengubah rangka. Mengapa demikian? Iya, karena di rangka motor sobat terdapat nomor seri motor yang jadi syarat utama ketika sobat akan membayar pajak 5 tahunan. Untuk itu jika sobat ingin memodifikasi motor, maka upayakan jangan sampai mengganti kerangkanya ya.
  2. Tidak diperkenankan mengubah dimensi. Merubah dimensi atau bentuk yaitu modifikasi dengan merekayasa panjang, lebar motor. Mengapa dilarang? Sebab dalam kelengkapan motor seperti STNK maupaun BPKB sudah tertera bentuk atau dimensi motor sobat. Jadi jika sobat merubah dimensinya, jadi tak sesuai dong.
  3. Tidak diperkenankan mengubah kapasitas mesin. Memperbesar kapasitas mesin atau sering disebut dengan istilah bore up biasanya jadi favorit anak-anak muda untuk memperkuat performa mesinnya. Dengan menambah kapasitas, maka laju motor pun menjadi lebih kencang. Dan hal ini juga tidak diperkenankan, sebab melebihi batas standar keamanan dan hal ini tentunya juga berbahaya.
  4. Tidak diperkenankan mengubah warna motor.

Nah, mungkin dari sobat sendiri terkadang bosan melihat warna motor yang itu-itu aja. Mungkin sobat ingin mengubahnya? Eh jangan dulu. Sebab dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sudah tertera warna motor sobat nih. Misalnya saja warna motor di STNK yaitu Merah, jadi sobat tidak boleh mengubahnya menjadi hitam. Karena warna motor sobat tidak sesuai dengan dokumennya. Dan ini tentunya akan bermasalah ketika bertemu dengan pak polisi. Sobat bisa mengubah warnanya apabila sobat juga telah mengurus perubahan warna di kepolisian.

Nah, mungkin itulah beberapa rambu-rambu dalam modif motor yang tidak boleh sobat langgar. Tenang aja, masih banyak kok cara modifikasi motor yang lainnya, misalnya seperti mengganti velg, rantai, dan lain sebagainya. Ingat ya, semua itu bukan karena pak polisinya tidak gaul, tetapi karena demi keamanan sobat sendiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *