Home Tips dan Trik Tips Modif Motor agar Tampilannya Keren dan Performanya Prima

Tips Modif Motor agar Tampilannya Keren dan Performanya Prima

by Rhonda Olson
Tips Modif Motor agar Tampilannya Keren dan Performanya Prima

Pada dasarnya Memodifikasi motor sama sekali tidak sulit. Namun, jika dilakukan asal tanpa perencanaan hasilnya bisa fatal. Mengingat adanya risiko saat mengendarai motor sehingga beberapa komponennya perlu diperhatikan. Agar tidak hanya tampilan motor yang keren tetapi performanya juga tetap prima.  Sebelum melakukan modif motor, pastikan Anda mengetahui hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan dalam proses modifikasi sebagai berikut:

Tips Modif Motor agar Tampilannya Keren dan Performanya Prima

Do Dan Don’t Dalam Modofikasi Motor

Do: ketahui tujuan modifikasi / Don’t: modifikasi justru ditegur polisi

Modifikasi motor biasanya bertujuan untuk mendukung tampilannya agar terlihat keren, atau agar semakin nyaman dikendarai, ada pula untuk meningkatkan performanya. Agar dana yang Anda persiapkan tidak terbuang sia-sia, hendaknya tetapkan dahulu tujuan dari modifikasi yang dilakukan.

Jangan sampai modifikasi yang Anda lakukan melanggar peraturan! Hindari full body paint dengan warna cat yang berbeda dengan keterangan pada STNK. Jangan pasang knalpot dengan bunyi yang terlalu nyaring sampai orang sekitar terganggu. Selain itu, lebih baik jangan merubah bunyi klakson dengan yang tidak biasa.

Do: serahkan pada ahlinya/ Don’t: merubah motor menjadi berbahaya

Anda tidak boleh main-main dalam memodifikasi terlebih jika berhubungan dengan struktur motor. Anda bisa saja merubah komponen motor tanpa tahu dampaknya terhadap integritas struktur motor secara keseluruhan. Oleh karena itu, lakukan modifikasi hanya di tempat dengan teknisi yang terkualifikasi dan terjamin.

Ketika modifikasi motor, Anda harus memikirkan dampaknya terhadap seluruh pengguna jalan yang lain. Contohnya seperti peredam suara knalpot. Hal ini berbahaya karena dapat membuat pejalan kaki tidak sadar datangnya kendaraan. Atau sorot lampu motor yang terlalu terang, sampai membuat pengemudi lain terhalau cahaya.

Setelah mengetahui do dan don’t saat proses modifikasi, selanjutnya adalah mengetahui komponen apa saja yang dapat dimodifikasi, sebagai berikut.

Komponen Motor yang Aman Dimodifikasi

Baca Juga:  Dapatkan Aksesoris Motor di Toko Ban

Berikut beberapa komponen yang aman untuk dilakukan modifikasi, antara lain:

  • Tambahkan motorbox

Selain menunjang penampilan motor, penambahan Motorbox dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang. Bentuk dan jenisnya yang beragam bisa disesuaikan juga dengan selera Anda. Mulai dari box keras yang ditaruh di belakang tempat duduk, atau saddlebags yang ditaruh di samping bodi motor.

  • Modifikasi ban motor

Hindari penggunaan ban dengan diameter kecil agar bodi motor Anda terlihat lebih besar.  Anda juga dapat menyesuaikan pilihan ban dengan kebutuhan penggunaan motor. mulai dari tipe ban yang khusus digunakan pada jalanan beraspal dan berbatu, hingga tipe yang diperuntukkan pada jalanan yang agak basah.

  • Tambahkan tenaga listrik

Anda dapat menstabilkan daya yang dikeluarkan Aki dengan memasang stabilizer pada kutub-kutubnya. Anda juga dapat memakai seluruh komponen motor secara bersamaan tanpa bayang-bayang motor akan mogok. Selain itu, pasokan aki yang lebih maksimal karena stabilizer juga mampu meningkatkan akselerasi dan tenaga mesinnya.

  • Rem cakram

Jika Anda ingin mengganti rem dengan yang lebih pakem, pilihlah rem cakram. Kepakeman rem cakram lebih terjamin daripada rem drum karena mempunyai besi penjepit. Selain itu, rem cakram juga lebih stabil dan konsisten sehingga dapat membuat Anda lebih nyaman saat berkendara.

  • Tambahkan frame sliders

Frame sliders dapat melindungi cat motor dan bodywork motor lainnya dari kerusakan akibat goresan atau benturan. Pemasangannya sendiri biasanya diletakkan pada samping kiri-kanan bodi motor.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More