Tips Merawat Onderdil Motor Bagian Knalpot dengan Tepat

Knalpot adalah salah satu onderdil motor yang berguna untuk tempat pembuangan dan keluarnya asap yang dihasilkan oleh motor ketika digunakan. Knalpot tersebut digunakan untuk ruang proses pembakaran bahan bakar dan juga oksigen. Banyak orang yang memodifikasi knalpot ini karena akan dianggap akan mendapatkan tampilan keren padahal hal tersebut sangat merugikan baik dari keselamatan, aturan, dan juga kerugian secara materi. Dimana modifikasi bagian motor sangat dilarang baik dari aturan polisi karena dapat membahayakan keselamatan pengendara motor sendiri maupun orang lain. Hal tersebut juga tidak dianjurkan oleh perusahaan motor karena semua bagiannya telah diperhitungkan dengan matang untuk keselamatan penggunanya. Knalpot walaupun mempunyai bentuk dan bagian yang kecil tetapi juga mempunyai fungsi yang penting sama seperti fungsi komponen motor lainnya. Oleh karena itu knalpot harus dirawat dengan tepat dengan berbagai cara seperti berikut ini:

  • Memanaskan mesin secukupnya

Cara untuk merawat knalpot yang pertama adalah dengan memanaskan mesin motor secukupnya saja ketika dihidupkan pertama kali dan akan digunakan. Pemanasan yang berlebihan sendiri akan tidak baik untuk mesin motor karena akan kering. Sehingga cukup memanaskan motor ketika akan digunakan dalam waktu 10 menit saja. Karena apabila terlalu panas juga akan membuat karat dan warna mesin berubah menjadi kuning.

  • Membersihkan luang pembuangan

Cara selanjutnya untuk dapat merawat onderdil motor bagian knalpot ini adalah dengan membersihkan lubang pembuangannya secara rutin. Bagian yang perlu dibersihkan adalah pada bagian silencer yang cara pembersihannya hanya cukup dengan memberikan oli pada lubang tersebut dengan dalam jangka waktu 2 bulan sekali. Dengan pemberian oli tersebut dapat untuk mencegah keropos dan juga bocor pada knalpot terutama pada bagian leher knalpot yang posisinya berada dekat dengan silencer.

Baca Juga:ONDERDIL MOTOR ASLI DAN PALSU, APA BEDANYA?

  • Membersihkan kata secara rutin

Cara selanjutnya juga dengan membersihkan knalpot dengan rutin agar menghindari korosi terutama apabila sering terkena air hujan dan kotoran yang menempel yang dalam keadaan basah. Untuk membersihkan kotoran tersebut cukup dengan disikat saja sampai bersih dengan menggunakan detergen yang dioleskan pada bagian yang kotor. Selain dengan detergen, gunakan juga sikat kawat untuk dapat membersihkan kotoran dengan sempurna. Apabila tidak bisa membersihkan dengan detergen dan sikat biasa, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan cairan portex untuk noda pada knalpot yang membandel.

  • Knalpot yang bocor dan tersumbat

Cara merawat onderdil motor knalpot yang terakhir adalah ketika tersumbat dan mengalami kebocoran. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa pada bagian dibawah silencer. Tusuk dengan lidi apabila ada penyumbatan dan kebocoran yang terjadi. Selain itu juga periksa pada bagian baut penyangga knalpot, kencangkan baut tersebut agar bisa mencegah knalpot yang bocor sehingga boros bahan bakar.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *