Tips Merawat Motor Tua Agar Tetap Awet dan Kinclong

Melenggang di jalanan menggunakan motor bergaya klasik, memang dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka yang memiliki kegemaran menggunakan motor klasik. Meskipun kini motor klasik sudah tidak lagi diproduksi, namun pada umumnya para penunggang motor klasik mampu menghadirkan tampilan motor klasik yang bersih dan masih terlihat kinclong di jalanan. Hal tersebut merupakan kewajaran, mengingat perawatan yang ekstra tentunya selalu diberikan pada motor tersebut oleh para pemiliknya. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara merawat motor tua sendiri, agar terlihat bersih dan kinclong? Berikut sepintas ulasan mengenai hal tersebut.

Hal pertama yang banyak dilakukan oleh para pemilik motor klasik dalam merawat motor yang mereka miliki adalah selalu mengganti pelumas yang mereka gunakan tepat waktu. Penggantian pelumas secara berkala maksimal sebulan sekali inilah, yang menyebabkan performa mesin dapat tetap terjaga, meskipun motor yang mereka gunakan merupakan motor produksi masa lampau. Pemilihan oli yang sesuai dengan jenis mesin pun lebih disarankan, agar mesin dapat berjalan dengan wajar dan sebagaimana mestinya. Apabila jenis motor Anda merupakan mesin 2 tak, maka sebaiknya Anda gunakan oli khusus untuk mesin 2 tak, begitu pula dengan jenis mesin yang lainnya.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan motor tua yang Anda miliki, antara lain adalah:

  • Selalu melakukan pengecekan secara teratur pada bagian perapian motor tersebut, seperti aki, platina dan bagian kabel-kabel yang terhubung dengan kelistrikan motor. Gantilah dengan segera apabila terlihat kabel yang retak ataupun terkelupas, usahakan secara maksimal untuk tidak menyambung kabel yang telah terputus, karena hal tersebut dapat berakibat fatal pada bagian tersebut.
  • Apabila ada salah satu bagian spare part yang harus diganti, maka gantilah dengan sparepart asli, agar nantinya bagian lain pada motor dapat berfungsi dengan optimal.
  • Bersihkan motor dari debu dan kotoran yang menempel, dengan mengelap bagian bodi dan mesin motor secara rutin.

    Baca Juga: INGIN MOTOR TUA TETAP PRIMA? GUNAKAN TIPS PERAWATAN INI!

Apabila motor sudah terlihat sangat kotor dan tidak dapat diatasi dengan cara mengelapnya saja, maka pastikan Anda untuk mencuci motor tersebut agar kembali bersih. Namun dalam melakukan pencucian motor ini, lebih disarankan bagi Anda untuk menggunakan sabun khusus yang diperuntukkan untuk mencuci motor. Selain untuk menjaga kebersihan bodi secara optimal, sabun khusus ini juga mampu menjaga cat bodi kendaraan agar tidak mudah terkelupas. Selain itu sabun khusus juga akan menjaga bodi dan bagian lainnya dari perkaratan.

Agar motor tua yang Anda tunggangi tetap terlihat kinclong, Anda dapat memberikan cairan khusus yang dapat memberikan efek kinclong pada bodi motor, namun dengan memperhatikan tingkat keamanannya bagi motor yang Anda gunakan. Merawat motor klasik memanglah harus membutuhkan ketelitian dan kesabaran dari para pemiliknya, agar motor dapat tetap berfungsi dengan optimal serta enak untuk dipandang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *