Tips Merawat Motor Matic Secara Simpel dan Efektif

Motor adalah kendaraan favorit dan menjadi sebagai kendaraan paling banyak yang banyak digunakan oleh orang di Indonesia. Kendaraan ini mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih dari motor bebek, motor matic, motor gede, dan juga motor lainnya. Matic adalah salah satu jenis yang sekarang ini banyak dipilih oleh masyarakat karena mempunyai banyak kelebihan. Dari harganya, lebih efektif untuk mengangkut barang, lebih stylish, dan juga perawatannya lebih mudah. Beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk dapat merawat motor jenis matic ini misalnya seperti berikut ini:

  • Cara memanaskan yang tepat

Pemanasan pada motor adalah hal wajib karena mesin tidak kaget dan juga tidak dalam keadaan kering ketika digunakan. Untuk dapat tetap awet, matic ini harus dipanaskan setiap hari sebelum akan digunakan bisa dalam jangka 5 menit hingga 10 menit saja. Sehingga memang tidak akan memerlukan waktu lama bahkan sedang terburu-buru sekalipun. Memanaskan motor juga harus dengan tepat dimana tidak boleh menekan gas terlebih dahulu sebelum mesin panas dan menjadi lebih panas. Karena apabila gas selalu ditekan bahkan mesin belum panas maka bisa membuat mesin bekerja tidak secara maksimal. Oleh karena itu Anda perlu memanaskan motor dengan cara dan petunjuk dengan benar.

  • Bensin jangan sampai habis

Apabila menggunakan motor matic untuk bepergian jauh, perhatikan terus bensin yang ada. Jangan sampai Anda tidak melihat ke arah bensin dan kehabisan bensin hingga motornya mogok. Hal tersebut sebenarnya harus sangat dihindari oleh pemilik matic karena dapat membuat mesin menjadi mudah rusak. Sehingga usahakan untuk tidak pernah kehabisan motor dan isi terus bensin sebelum titik E.

  • Waktu servis matic

Pemilik matic juga harus memperhatikan waktu yang digunakan untuk servis motornya. Upayakan selalu servis motor secara berkala terlebih ketika motor dirasa kurang enak untuk dinaiki. Setidaknya untuk melakukan servis ini dilakukan selama 3 bulan sekali sehingga bisa untuk menjaga motor tetap dalam kualitas prima dan akan awet dalam jangka waktu yang lama.

Selain hal simpel dan juga sederhana seperti diatas, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merawat motor matic yang ada. Seperti dengan melakukan ganti oli secara rutin, memeriksa mesin terlebih ketika akan digunakan untuk perjalanan jauh, memeriksa karburator, memeriksa vantbel dan roller dan masih banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan. Pemeriksaan dan juga perawatan secara berkala pada motor tersebut dapat membuat motor awet dan bisa bertahan tahan lama. Terlebih juga dapat membuat kualitas mesin motor tidak terlalu menurun karena selalu dicek dan diperhatikan dengan baik. Pemeriksaan dan perawatan motor tersebut juga tidak hanya berlaku pada matic semata tetapi jenis motor lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *