Tips Merawat Motor Matic Injeksi

Tips Merawat Motor Matic Injeksi

Motor Matic merupakan generasi motor yang bisa dibilang paling baru. Motor jenis matic ini mulai populer di Indonesia mulai tahun 2000 an. Dengan modelnya yang keren dan cara pengoprasiannya yang cukup simpel membuat motor jenis matic mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat. Motor jenis ini mulai saat ini cukup banyak digemari terutama untuk para kaum perempuan.

Tips Merawat Motor Matic Injeksi

Motor matic ini memang jenis motor yang tidak menggunakan girset dan rantai, sehingga cara mengendalikannya pun juga sangat gampang. Jika jenis motor lain harus melalui prisneling, kopling, dan lainya, maka motor jenis matic tinggal tarik gas saja. Nah, dengan pengoprasiannya yang cukup simpel, maka siapapun bisa naik motor jenis matic.

Nah, untuk akhir-akhir ini motor jenis matic juga sudah memiliki teknologi mutakhir yaitu injeksi. Dimana motor jenis matic dengan teknologi injeksi ini memiliki bahan bakar yang lebih irit dibanding dengan motor jenis matic biasa. Nah, seperti jenis motor pada umumnya, si matic ini juga memerlukan perawatan loh. Namun perawatannya juga tidak terlalu sulit. Adapun perawatannya yaitu sebagai berikut:

  • Memanaskan mesin ketika awal start

Proses memanaskan mesin di pagi hari ini merupakan salah satu bentuk perawatan yang sangat perlu dilakukan. Meskipun terkadang dianggap sepele, namun sebenarnya memiliki dampak yang cukup besar. Dimana proses ini bertujuan untuk membantu pembakaran di mesin agar lebih sempurna. Pemanasan mesin di pagi juga bermanfaat untuk membantu oli melunasu seluruh bagian dalam mesin motor dan juga menjaga stabilitas temperatur mesin motor. Sangat disarankan untuk memanasi mesin antara 5 hingga 10 menit.

  • Senantiasa mengecek kondisi bahan bakar

Nah, ini nih yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik motor jenis matic, yaitu bahan bakar. Karena memang motor matic ini tidak boleh kehabisan bahan bakar. Jadi Anda harus senantiasa mengecek bahan bakar dalam tangki. Jangan sampai tangki Anda dalam keadaan kosong. Sebab apabila tangki dalam keadaan kosong, maka matic Anda akan terancam mogok.

  • Mengganti Oli mesin secara rutin

Salah satu perawatan yang harus Anda lakukan untuk matic Anda yaitu dengan mengganti oli secara rutin. Sangat dianjurkan mengganti oli mesin setelah pemakaian 1500 hingga  2000 km. Karena oli juga sangat berperan penting dalam menjaga komponen-komponen dalam mesin Anda, maka sangat disarankan untuk melakukan pergantian oli secara berkala.

  • Sering memeriksa v-belt dan roller

Komponen pendukung motor yang paling penting yait v-belt dan roller. Dimana keduanya adalah berfungsi sebagai penggerak motor yang juga rentan akan kerusakan karena pemakaian dan kotoran dalam ruang transmisinya.

Nah, itulah beberapa tips dalam melakukan perawatan pada motor matic  yang perlu Anda lakukan. Sehigga matic Anda pun akan lebih panjang umur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *