Home Tips dan Trik Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil dengan Benar dan Aman

Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil dengan Benar dan Aman

by Rhonda Olson
Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil dengan Benar dan Aman

Banyak yang memiliki kendaraan bermotor namun tak sedikit pula tidak mengerti bagaimana cara menjaga kondisi kendaraan tetap dalam keadaan sempurna, khususnya dalam merawat komponen-komponen motor. Salah satu komponen motor yang sering luput dari perawatan adalah knalpot, padahal komponen ini memiliki fungsi yang vital dalam mempengaruhi performa sepeda motor Anda. Alhasil, kondisi knalpot pada motor Anda mulai loyo dan dapat mengakibatkan tenaga yang dikeluarkan menjadi tidak maksimal.

Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil dengan Benar dan Aman

Namun, tak perlu khawatir jika Anda tetap ingin merasakan sensasi knalpot orisinil dalam jangka waktu lama. Karena Anda hanya perlu mengetahui cara tepat dan aman dalam merawat knalpot motor orisinil berikut ini.

Memanaskan Mesi Motor

Kunci agar mesin tetap terjaga dalam kondisi sempurna adalah rutin memanaskan motor. Kendati demikian, memanaskan motor juga tidak disarankan dalam durasi yang lama karena akan berpengaruh terhadap kondisi knalpot. Selain itu, durasi pemanasan mesin motor juga dapat mengakibatkan menempelnya kotoran. Maka dari itu pastikan untuk tidak memanaskan motor terlalu lama.  

Membersihkan Lubang Buang Silincer

Merawat keaslian knalpot sebenarnya adalah perkara mudah. Karena Anda hanya perlu membersihkan lubang buang pada silincer dengan memberikan oli secukupnya. Cara ini sebaiknya rutin Anda lakukan yakni setiap dua bulan sekali agar mencegah terjadinya kebocoran pada bagian silincer yang bisa mengakibatkan kualitas suara semakin jelek.

Bersihkan Kerak yang Menempel

Jika knalpot motor Anda sudah terlanjur berkarat, maka segerakan untuk membersihkan karat yang menempel tersebut dengan menggunakan sikat dan sabun. Untuk hasil yang lebih maksimal, baiknya menggunakan sikat kawat. Pembersihan ini dilakukan untuk membuat kondisi knalpot semakin terlihat bersih tanpa adanya kerak kotoran yang menempel.

Oleskan Oli

Baca Juga:  Harga Klakson Aksesoris Motor Yang Terlaris

Setelah knalpot motor Anda dirasa sudah bersih, lanjutkan perawatan dengan pengolesan oli pada leher knalpot secara menyeluruh. Setelah mengoleskan oli secara merata kemudian nyalakan mesin motor Anda agar panas yang diberikan mesin dapat membantu oli meresap hingga ke bagian-bagian kecil knalpot.

Semprotkan Cairan Anti Karat

Tak banyak yang tahu jika air hujan bisa membuat komponen motor berkarat. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan motor terlebih lagi setelah terkena air hujan. Bagian dari knalpot yang paling rentan berkarat adalah leher knalpot. Saat terkena air hujan, segera untuk menyemprotkan cairan anti karat untuk menjaga keaslian knalpot.

Semprotkan Cairan Protex

Jika semua cara sudah Anda lakukan tidak mampu menghilangkan karat pada knalpot motor, langkah terakhir yang masih bisa Anda lakukan adalah menyemprotkan cairan protex sehingga, baik karat maupun kotoran mudah luntur. Hanya saja Anda perlu berhati-hati dalam menyemprotkannya karena cairan ini bisa melunturkan cat blok mesin.

Periksa Lubang Pembuangan Air

Bagian bawah silencer pada knalpot motor, yakni lubang pembuangan air juga tak boleh luput dari perawatan. Bersihkan bagian ini dengan menggunakan alat tusuk seperti paku dan sejenisnya agar akses pembuangan air lebih bersih dan lancar. Jangan lupa juga mengecek baut knalpot untuk berjaga-jaga jika ada baut yang kendor.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More