Tips Merawat Helm Motor Agar Tidak Bau

cara merawat helm motor

Perlengkapan berkendara yang begitu di butuhkan ialah helm motor. Helm merupakan sebuah komponen yang begitu penting di dalam melakukan berkendara dikarenakan ia akan melindungi berbagai macam organ yang terpenting di tubuh Anda. Bahkan untuk sekarang ini Indonesia mewajibkan helm yang face dan full face bahkan mempunyai label SNI, hal ini begitu penting. Jangan sampai Anda menggunakan helm yang asal-asalan bahkan tidak berguna untuk melindungi kepala.

Helm yang cukup bagus ialah helm yang mempunyai body kuat sehingga ketika terjadi benturan helm tidak akan mudah pecah. Helm yang kuat akan bisa melindungi otak ketika berkendara. Selain fungsinya sebagai salah satu pelindung kepala, belakangan ini helm memang berubah fungsinya menjadi salah satu style agar lebih keren. Bila body di desain dengan bagus, tentu akan membuat anda semakin trendi pada saat berkendara di jalanan.

Hingga sekarang ini muncul berbagai macam merk helm motor yang ada di pasaran Indonesia. Merk helm ini dihiasi dengan rentang harga yang cukup murah tanpa menguras kantong anda. Anda bisa menjumpai puluhan merk yang berada di toko aksesoris. Namun, fungsi utamanya tetap helm sebagai pelindung bagian kepala. Kedisiplinan mengendarai motor dengan menggunakan helm bahkan sudah diatur di dalam undang-undang.

Agar bisa menghindari sanksi, Anda memang wajib menggunakan helm untuk melindungi kepala di saat berkendara motor. Helm sekarang ini telah mempunyai berbagai macam model. Untuk Anda si pecinta motor dan pecinta otomotif, menggunakan helm tentu bisa setiap hari. Helm yang setiap hari digunakan ini bisa menimbulkan bau yang kurang nyaman.

Berikut tips merawat helm motor agar tidak bau, antara lain:

  • Menjaga kebersihan dari helm. Menjaga kebersihan ialah langkah pertama yang harus dilakukan. Jika Anda ingin menggunakan helm akan lebih baik jika kepala serta rambut berada di dalam keadaan yang kering atau pun tidak basah. Ini dikarenakan bagian dalam helm bisa bau bila terkena air,
  • Simpan helm di tempat yang bersih. Jangan sekali-sekali meletakkan helm di suhu yang lembab karena ia bisa menyebabkan helm Anda mengalami jamuran. Hindari penyimpanan yang bisa menyebabkan kontak langsung dengan sinar matahari serta benturan benda padat,
  • Cuci helm serta menjemur bagian dalam dari helm. Anda dapat melakukannya seminggu sekali. Dengan pola penjemuran yang berada di bagian luar akan bisa mengakibatkan warna helm mengalami pudar. Untuk pencucian Anda juga bisa memanfaatkan jasa pencucian yang banyak berada di pinggir jalan,
  • Tips lainnya ialah memberikan parfum ketika akan menggunakan helm. Parfum ini mempunyai fungsi untuk menghilangkan bau serta mencegah berbagai macam bakteri yang akan muncul. Jangan memberi parfum secara berlebihan, karena bisa menyebabkan gabus helm basah.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *