Tips Merawat Ban Motor Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Aus

Sobat otomotif, jangan sepelekan kondisi ban motor Anda jika Anda ingin selalu aman dan nyaman dalam berkendaraan. Anda juga harus selalu menjaga kondisi ban dalam keadaan stabil dan prima, sebab ban yang aus tentu akan berbahaya bagi pengendara karena sudah tidak kuat mencengkeram aspal jalanan, terutama saat hujan atau melintasi jalanan berpasir. Selain dengan mengganti ban secara rutin, ada beberapa tips lain untuk menjaga agar ban sepeda motor Anda tetap awet dan terawat dengan baik:

  • Mencuci ban secara rutin.

Beberapa dari bikers, tentu masih ada yang tidak atau jarang mencuci ban secara rutin. Padahal, ban juga perlu dicuci layaknya body motor. Jika body motor dicuci agar tetap terlihat baik, ban dicuci untuk menghilangkan kotoran atau sisa oli yang menempel pada permukaan ban. Kotoran yang menempel ini menjadi pemicu ban jadi cepat aus dan tipis. Selain itu pada saat pencucian ban, jangan lupa sempatkan diri untuk mencungkil kerikil-kerikil kecil yang terselip di sela alur ban. Semir ban juga dapat membantu mengkilapkan dan mengawetkan ban sepeda motor Anda.

  • Pakai standar ganda.

Mungkin masih banyak yang belum paham tips satu ini, padahal jika dilakukan ternyata membawa manfaat untuk keawetan ban motor. Jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama atau memang sedang membawa beban yang cukup berat, parkirkan dengan kondisi standar ganda. Penggunaan standar samping ternyata dapat memicu lemahnya shockbreker pada satu bagian, sehingga hal ini nantinya berpengaruh pada tekanan berat sebelah dan berimbas pada ban.

Baca Juga: PERAWATAN MOTOR: TIPS MUDAH MERAWAT AKI KERING AGAR LEBIH AWET

  • Hindari muatan berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, terlebih lagi untuk sepeda motor kesayangan kita. Sebaiknya hindari membawa beban terlalu banyak. Semakin berat beban yang kita bawa maka gesekan ban pada aspal akan makin besar sehingga ban jadi cepat aus. Jadi sebaiknya jika naik motor, bawalah beban yang sesuai. Selain berpengaruh pada ban, bawaan dengan berat yang berlebihan juga mempercepat kerusakan pada komponen lainnya pada mesin motor, hal ini dikarenakan tarikan motor jadi lebih berat, mesin juga harus bekerja lebih kuat untuk bisa melaju.

  • Cek tekanan ban.

Mengecek tekanan ban ini selain berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan selama berkendara ternyata juga berpengaruh pada keawetan ban. Ban motor yang terlalu keras selain terasa tidak nyaman juga membuat ban jadi mudah meletus, sedangkan ban yang terlalu kempes dapat menyebabkan terjadinya bocor halus sehingga bisa membuat ban jadi lebih mudah aus dan tipis. Jadi jangan lupa selalu periksa tekanan ban sesaat sebelum berkendara.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *