Tips Menghadapi Atau Menghindari Geng Motor di Jalan

Geng motor belakangan ini seolah menjadi musuh masyarakat, mereka tak ubahnya seperti begal yang siap memangsa orang di jalanan. Keberadaan geng yang meresahkan ini memang seperti gunung es, yang terlihat hanya luar saja, di dalamnya mungkin masih lebih banyak lagi. Dari tahun ke tahun eksistensi geng bermotor ini memang sudah tak dapat dibendung lagi. Sebenarnya tidak semua geng tersebut buruk, ada pula yang hanya sekedar menjadi ajang kumpul dan menambah pertemanan, hanya saja stigma negatif yang sudah kadung melekat membuat kita sebagai masyarakat awam mau tak mau harus waspada dan berjaga-jaga.

Meski jumlah geng bermotor sudah semakin banyak dari hari ke hari, bukan berarti kita perlu takut melainkan harus waspada. Ada beberapa tips penting untuk menghadapi ataupun menghindari geng tersebut ketika bertemu di jalan atau dibuntuti, antara lain:

  • Tips pertama (persiapan).

Sebisa mungkin jika hari sudah larut malam atau jalanan di wilayah Anda sudah mulai sepi, jangan pulang sendiri atau sebaiknya menginap saja di rumah saudara atau teman. Hal ini untuk mengantisipasi kemunculan geng motor secara tiba-tiba. Namun jika tidak bisa dengan cara tersebut, lakukan beberapa persiapan. Seperti gunakan pakaian yang tidak mencolok, helm full face atau helm dengan memakai masker berwarna gelap. Simpan semua barang berharga Anda dalam jok motor, atau jangan perlihatkan bahwa Anda memakai ransel, masukkan ke dalam jaket.

Persiapan selanjutnya, jangan lupa untuk berdoa pada Yang Maha Kuasa agar selalu dilindungi selama perjalanan.

Baca Juga: TIPS AGAR BUAH HATI TIDAK TERPENGARUH GENG MOTOR

  • Tips kedua (perjalanan).

Saat melakukan perjalanan terutama pada daerah yang belum Anda kenal atau jarang Anda lewati sebaiknya jangan pada malam hari. Sebab geng tersebut biasanya kumpul di malam hari. Jika terpaksa harus keluar malam, pilihlah jalan yang ramai. Meskipun jalan ramai lebih jauh atau bahkan lebih jelek jalannya tidak masalah, yang penting tidak bertemu dengan anggota geng bermotor. Jalan sepi selalu jadi posko bagi begal maupun geng bermotor yang negatif. Usahakan juga tidak pergi sendiri, mintalah seseorang dari rumah atau teman atau bahkan orang di jalan yang searah untuk menemani Anda.

  • Tips ketiga (lari).

Sesuai namanya, geng motor biasanya terdiri lebih dari 2 orang. Dan umumnya mereka akan mengeroyok korbannya. Jika sekiranya Anda sudah merasa dibuntuti dari belakang, segera pacu kendaraan Anda lebih kencang. Jangan pernah berhenti. Segera klakson motor Anda berkali-kali untuk memancing warga. Lajukan motor Anda hingga ke arah yang lebih ramai atau setidaknya ke arah pemukiman yang berpenduduk. Segeralah menepi dan bersembunyi lalu teleponlah kepolisian untuk meminta perlindungan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *