Tips Mengatasi Cakram Motor yang Bunyi

Tips Mengatasi Cakram Motor yang Bunyi

Cakram atau rem dalam kendaraan merupakan komponen terpenting dalam menjaga keamanan pada saat berkendara di jalanan. Akan tetapi bagaimana jika rem pada kendaraan Anda berbunyi pada saat berfungsi? Tentu saja hal ini menjadi suatu hal yang sangatlah menyebalkan dan membuat perjalanan terasa tidak nyaman. Perlu untuk Anda ketahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengatasi rem kendaraan berbunyi

Tips Mengatasi Cakram Motor yang Bunyi

Sedangkan untuk penyebab dari rem yang berbunyi itu sendiri pun disebabkan karena kedua jenis rem maupun tromol memiliki masalah yang sama, dengan begitu maka hal ini menimbulkan suara yang mengganggu para pengendaranya, dan menjadikan aktifitas di jalanan menjadi tidak nyaman lagi. Bisa juga disebabkan karena adanya kotoran yang ada di kampas rem. Cara untuk mengatasinya pun juga cukuplah mudah, sehingga Anda tidak perlu untuk merasa kesal dan bingung pada saat rem kendaraan Anda berbunyi dan menimbulkan suara yang berisik.

Berikut ini ada tips sederhana yang bisa untuk Anda ikuti tata cara mengatasi pada rem atau cakram motor Anda yang berbunyi, yaitu sebagai berikut ini:

Baca Juga:MENGENAL KOMPONEN REM CAKRAM YANG HARUS ANDA KETAHUI

  1. Lepaskan rem kemudian bersihkan menggunakan kompresor, apabila tidak ada kompresor Anda bisa membersihkannya dengan lap yang basah.
  2. Kemudian Anda dapat untuk melumuri oli yang masih baru dan ratakan hingga merata.
  3. Diamkan terlebih dahulu 1 hingga 2 menit.
  4. Tempelkan pada ke2 rem tersebut dan pada bagian sisi saling berhadapan.
  5. Kemudian gesek-gesek sebentar saja.
  6. Apabila oli sudah berubah menjadi warna hitam kotor, itu artinya kotoran sudah terangkat.
  7. Gosokkan hingga rem bersih.
  8. Kemudian bersihkan rem menggunakan kain yang bersih hingga kering.
  9. Sebelum dipasang, maka sebaiknya Anda mencuci pada bagian piringan rem dengan cara mencucinya menggunakan sabun atau dengan cara di lap menggunakan kain yang sedikit basah

Mengingat bahwa rem kendaraan yang berbunyi tentu dalam hal ini tidak hanya mengganggu pemilik kendaraan bermotor saja, akan tetapi hal ini pun juga bisa mengganggu para pengendara lain yang merasa tidak nyaman dengan sumber suara dari kendaraan Anda itu sendiri, sehingga dengan adanya tips yang sangatlah sederhana seperti yang ada di atas dapat untuk Anda coba dan bisa untuk Anda lakukan agar Anda tidak lagi mendapati kendaraan yang berbunyi rem nya.

Sedangkan di jalanan pun kita banyak menjumpai beberapa kendaraan yang berbunyi pada saat di rem, hal ini pun disebabkan karena adanya kotoran pada kampas atau rem kendaraan yang cakram. Jika Anda sudah membaca beberapa tips sederhana yang ada di atas maka Anda tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam hal melakukan perawatan dan mengatasinya dengan cara yang tidaklah ribet dan tentunya akan sangatlah mudah bagi Anda untuk melakukan perawatannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *