Tips Memilih Sepatu Touring

Anda sering touring dengan mengendarai motor ? Bila iya, anda mungkin tidak asing lagi dengan sepatu touring. Jenis sepatu yang biasanya wajib dimiliki. Bahkan sebagian dari anda memiliki lebih dari 1. Bagi anda yang memiliki, ada baiknya anda segera membelinya. Bukan soal gaya – gayaan, tapi demi keselamatan anda sendiri. Bila anda sudah berniat membelinya, berikut tips memilih sepatu touring.
Memang tidak ada patokan khusus dalam memilih sepatu touring ini. Tapi minimal dapat memberikan gambaran. Karena tidak bisa dipungkiri, kualitas yang baik akan memberikan hasil yang baik dan maksimal.
Safety first
Munculnya sepatu touring berasal dari keinginan untuk memberikan perlindungan maksimal pada kaki pengguna sepeda motor. Apalagi yang suka berkendaraan jarak jauh atau touring. Karena sisi keselamatan yang paling utama,maka pilihlah sepatu yang memberikan perlindungan maksimal,seperti :
Pemilihan bahan
Bahan yang baik adalah bahan yang tidak mudah rusak.
Minimal memiliki 3 bagian pelidung
Mata kaki (engkel), tulang kering dan jari kaki adalah 3 bagian yang memiliki pelindung khusus.
Desain
Desain disini tidak melulu berbicara tentang tampilan. Desain pada sepatu touring harus juga memikirkan tentang perpaduan antara tampilan dan perlindungan. Contohnya penempatan bagian perlindungan mata kaki harus pas dengan struktur mata kaki. Anda harus benar – benar mencobanya, apakah sesuai dengan bentuk kaki anda. Tentu saja desain yang pada sisi lainnya mewakili estetika dari tampilan juga harus diperhatikan. Ada baiknya anda memilih yang sesuai dengan selera anda tentunya. Kenapa? Karena akan membuat anda tidak malas harus repot – repot memakainya. Anda pun akan merasa percaya diri memakainya.
Kenyamanan
Tanpa kenyamanan,sisi safety dan desain akan kurang maksimal. Kenapa? Itu terjadi karena anda tidak betah memakainya lama – lama. Otomatis ketika anda melepasnya,kaki anda jadi tidak terlindungi padahal mungkin perjalanan anda masih sangat jauh. Salah satu inovasi yang ditujukan untuk memenuhi sisi kenyamanan adalah penggunaan teknologi riset dengan menggunakan lapisan goretex 3M Thinsulate. Inovasi ini memungkinkan untuk meredam atau melepaskan panas. Tidak hanya itu, sepatu touring yang baik terbuat dari material anti air, elastis, kuat dan berpori agar kaki bisa bernapas.

Ukuran
Karena biasanya touring memakan waktu yang lama, maka pilihlah yang ukurannya lebih besar dari ukuran sepatu yang biasa anda pakai. Ini berguna untuk memberikan ruang bernapas pada kaki anda. Untuk meminimalkan kesalahan pemilihan, ada baiknya dicoba terlebih dahulu.
Harga
Seperti hal sepatu pada umumnya,sepatu touring juga bervariasi harganya. Dari mulai ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Disinilah ketelitian memilih dibutuhkan. Kombinasi budget dengan kualitas menjadi pilihan yang terbaik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *