Tips Memilih Onderdir Motor Yang Benar Agar Terhindar Membeli Yang Palsu

Ada waktu kadang kita harus memilih onderdir motor atau dikenal juga dengan istilah spare part untuk motor yang dimiliki. Onderdir adalah bagian dari perawatan motor dan sudah seharusnya bagi para pemilik motor tahu bagaimana cara memilih onderdir yang baik.

Sekarang sudah banyak jenis onderdir yang dijual di pasaran, jika tidak tahu seputar onderdil bisa saja Anda tertipu. Itu sebabnya pengetahuan seputar onderdir menjadi penting bagi semua pemilik motor. Beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan agar terhindar dari penipuan dan bisa menguntungkan dalam hal onderdil antara lain adalah sebagai berikut:

Beli Onderdil Di Toko Resmi

Hal ini merupakan hal yang paling penting. Membeli onderdil motor sebaiknya di toko resmi, contohnya jika motor Anda Yamaha maka lebih pas membeli onderdil di dealer Yamaha. Walaupun banyak juga yang menjual onderdil yang asli di toko tidak resmi, seperti di bengkel dengan harga yang lebih murah. Namun resikonya tinggi jika Anda tidak mengetahui seputar onderdil.

Perhatikan Kemasan Produk

Pada waktu Anda terpaksa harus membelinya di toko yang tidak resmi, maka yang harus diperhatikan adalah kemasannya. Kemasan onderdil yang asli dan yang palsu sangat berbeda. Artinya, membedakan mana yang asli dan palsu bisa dilihat dengan jelas. Biasanya onderdil asli memiliki kemasan yang bagus dengan bahan bungkus yang berkualitas, sedangkan onderdil yang palsu biasanya kemasannya asal-asalan.

Harga Produk

Salah satu ukuran membedakan mana onderdil yang asli dan yang palsu adalah dengan melihat harganya. Onderdil yang asli memiliki kualitas yang terjamin oleh sebab itu harganya lumayan mahal, sedangkan yang palsu kualitasnya kurang sehingga harganya lebih murah.

Perhatikan Garansi

Apabila Anda membeli produk onderdil yang asli, pasti akan mendapatkan kartu garansi dari pabriknya. Berbeda dengan produk yang palsu, biasanya garansi yang diberikan adalah garansi toko atau garansi dari distributor. Nah, Anda bisa membedakan  apakah asli atau tidak nya dengan melihat fasilitas garansi yang diberikan.

Service Ke Bengkel Yang Resmi

Salah satu hal paling mudah dilakukan agar terhindar dari penggunaan onderdil palsu atau KW adalah dengan menservice motor ke bengkel yang resmi, karena bengkel resmi tidak mungkin menggunakan onderdil palsu.

Itulah beberapa tips memilih onderdil motor atau spare part yang benar. Dengan mengikuti tips yang sudah disebutkan di atas, besar kemungkinan Anda terhindar dari penipuan mendapatkan produk yang palsu. Selain itu pastikan bahwa semua suku cadang yang dibeli mendapatkan garansi resmi jika dalam periode tertentu terjadi masalah, Dengan demikian kemungkinan besar Anda akan mendapatkan produk yang asli atau orisinil. Semoga artikel ini menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *