Tips Memilih Knalpot Motor untuk Riders

Tips Memilih Knalpot Motor untuk Riders

Halo sobat riders, apa kabar nih? Bagaimana dengan kondisi motornya? Nah, kali ini kita akan membahas seputar knalpot motor nih. Iya, knalpot memang salah satu komponen pada motor yang sering sekali menjadi target modifikasi. Apalagi buat para rider, tentunya knalpot juga menjadi bagian dari gaya sang rider.

Tips Memilih Knalpot Motor untuk Riders

Karena memang sangat lucu ketika motor sudah di modifikasi dengan keren, tetapi knalpot motor tidak dimodifikasi. Nah, kali ini nih, ane akan memberi tau kepada sahabat-sahabat rider jenis knalpot yang keren untuk motor sobat. Mau tau? Simak ulasan berikut ini.

  • Standard Exhaust

Jenis knalpot ini  merupkan knalpot standar bawaan pabrik motor. Dimana knalpot ini memang dirancang untuk meredam suara motor dan juga mampu memberikan power yang cukup efisien. Knalpot jenis ini merupakan knalpot yang paling aman, entah itu aman bagi kantong dan juga aman dari razia pak polisi. Knalpot ini memiliki suara yang sangat minim dan juga memerlukan bahan bakar yang lebih irit, sehingga saya katakan lebih aman di kantong, hehe.

  • Slip On Exhaust

Knalpot jenis ini merupakan knalpot yang dimodifikasi secara sederhana sajaa yaitu hanya diganti bagian muffler saja. Memang jika dilihat dari segi power, tentunya tidak memberikan efek yang signifikan. Namun jika dlihat dari suara, wah jangan tanya deh, perbedaannya cukup luar biasa. Knalpot jenis ini akan membuat motor sobat terlihat lebih keren dengan suara yang lebih liar di telinga pendengar. Namun sobat harus pikir-pikir dulu nih sebelum menggunakannya, karena jenis knalpot ini bisa saja kena tilang pak polisi.

  • Full System Exhaust

Nah, kalau jenis knalpot ini memang modifikasi knalpot agak ekstrim nih sob. Karena jenis knalpot ini merupakan modifikasi seluruh bagian knalpot mulai dari pipa, muffler, hingga header. Nah, modifikasi knalpot jenis ini tentunya akan memberikan perubahan yang cukup keren mulai dari level power hingga fuel consumption motor sobat. Dengan knalpot jenis ini, tentunya motor sobat akan berlari lebih cepat. Namun kelemahannya, knalpot ini akan membuat motor sobat mengeluarkan bensin yang lebih banyak lagi. Dan pada umumnya untuk motor injeksi, disarankan untuk menggunakan fuel tuning seperti power commander ketika menggunakan knalpot jenis ini.

Adapun fungsi dari power comander sendiri berfungsi mengatur fuel mapping sehingga +250% / – 100% untuk menemukan setting yang optimal. Meskipun motor sobat menjadi lebih boros, namun komputer injeksi motor sobat dan jga knalpot full system sobat aka berja lebih maksimal lagi.

Nah, itulah sob setidaknya beberapa jenis knalpot motor yang bisa sobat pilih. Kira-kira pilih yang maa nih? Pertimbangkan baik-baik ya sob.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *