Home Tips dan Trik Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Dipakai

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Dipakai

by Rhonda Olson
Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Dipakai

Ada yang berpendapat bahwa hujan adalah sebuah berkah. Tetapi bagi para pengendara motor, kondisi ini bisa jadi sebuah penghalang dalam beraktivitas. Berangkat kerja diguyur hujan memaksa kita harus berteduh atau lanjut ke kantor memakai jas hujan. Tapi tidak semua jenis jas ini mampu melindungi kita dari risiko basah ketika menerabas hujan. Bahkan beberapa jenisnya malah mengancam, keselamatan saat berkendara. Tidak jarang kita mendengar kecelakaan yang diakibatkan jas ponco atau model batman. Lalu, kriteria macam apa yang aman kita pakai? Berikut tipsnya.

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman Dipakai

Pilih bahan PVC

PVC (Plyvinyl chloridae) merupakan bahan yang lebih kedap air dibandingkan bahan-bahan plastik lainnya. Meskipun sedikit berat saat dikenakan, namun PVC lebih aman dalam melindungi pemakainya. Bahan ini memiliki pori-pori yang sangat rapat, sehingga air hujan sulit untuk menembus ke dalam. Berbeda dengan bahan parasut yang berpori-pori lebih longgar. Jas hujan berbahan PVC ii juga dilengkapi dengan lapisan filament pada bagian luar yang mencegah air meresap.

Pilih Model Setelan

Umumnya, tipe jas hujan ada dua, yakni yang berbentuk seperti jubah dan jenis yang berbentuk seperti setelan baju dan celana panjang. Dari kedua model ini, sebaiknya Anda memilih model pasangan. Ini karena bentuknya menyatu dengan tubuh yang dapat meminimalisir terkenal roda ataupun rantai sepeda motor. Namun, sebaiknya juga jangan memilih model setelan dengan ukuran yang terlalu ngepas badan, untuk mengantisipasi jika membawa barang bawaan ataupun tas.

Pilih Warna Terang dan Hindari Jas Hujan yang Dijahit

Kenapa harus warna yang terang? Selain untuk melindungi diri dari air hujan, jas hujan yang memiliki warna terang menjadi manfaat keselamatan yang lain. Ini karena saat terjadi hujan, biasanya jarak pandang seseorang yang berkendara akan berkurang. Maka warna terang ini bisa membantu pengendara lain agar berhati-hati. Selain itu, sebaiknya hindari model jas yang dijahit. Ini karena proses jahit biasanya menyisakan cela bagi air untuk merembes ke bagian dalam.

Pilih Restleting Kuningan atau Tembaga

Baca Juga:  Spesifikasi Dan Harga Motor Yamaha T-Max Lengkap

Salah satu kunci awet adalah komponen-komponen yang mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama. Begitu pula dengan bagian restleting. Beberapa restleting yang terbuat dari bahan plastik umumnya akan mudah lepas, sebaliknya restleting dari bahan kuningan atau tembaga adalah tipe yang mampu bertahan lama. Untuk membedakannya, biasanya restleting tidak nampak dari luar alias dan mempunyai pelindung dan direkatkan.

Adanya Shoe Cover

Shoe cover adalah pelindung sepatu yang terbuat dari bahan plastik. Selain melindungi badan dari hujan, bagian sepatu juga perlu untuk dilindungi. Mengingat fungsi jas hujan hanya sebatas mata kaki, sehingga sepatu sudah pasti akan basah kuyup jika dibiarkan begitu saja. Anda bisa memakai pelindung yang terpisah ataupun yang mejadi satu bagian dengan pelindung badan.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More