Tips Memilih Handguard

Munculnya aksesoris motor bernama handguard adalah untuk melindungi handle rem tangan sekaligus melindungi juga tangan. Karena berfungsi sebagai pelindung maka seharusnya juga tidak sembarangan dalam memilihnya. Ini untuk menghindari  dari pembelian yang sia – sia yaitu hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Untuk itu berikut adalah tips untuk memilih handguard yang baik.

Sesuaikan dengan motor

Dipasaran memang banyak dijual handguard dengan berbagai variasi bentuk dan harga. Nah, tugas anda adalah memilih handguard yang cocok dengan motor yang anda miliki. Meskipun pada umunya berlaku secara umum, tapi pasti ada yang paling pas untuk motor anda. Hal yang paling mudah adalah menyamakan warnanya dengan warna motor anda. Dengan begitu secara estetika akan terlihat bagus. Tentu saja perlu perlu juga diperhatikan pas tidaknya dipasang dimotor anda.

Baca Juga : Tips Memilih Sepatu Touring

Bahan handguard

Pada umumnya aksesoris motor ini terbuat dari 2 bahan yaitu dari bahan plastik dan dari besi. Yang terbuat dari bahan plastik memang lebih murah. Dari segi bentuk dan tampilan, yang terbuat dari plastik memang lebih beragam dan lebih menarik. Tapi apakah cukup kuat untuk melindungi handle rem tangan dan tangan anda? Nah, untuk masalah ini masih perlu dipertimbangkan karena pasti tidak sekuat dari bahan besi. Untuk yang terbuat dari besi memang dari segi harga memang lebih mahal. Dari segi tampilan juga lebih minimalis. Tapi jangan salah, jiga bicara tentang sisi proteksinya,maka yang besi ini lebih optimal. Mungkin kalau boleh disimpulkan,yang terbuat dari bahan plastik lebih mengutamakan sisi estetika / desain semenarik mungkin. Sedang yang terbuat dari besi lebih mengutamakan sisi perlindungannya walaupun tetap tanpa meninggalkan sisi estetika. Terserah anda mau memilih yang mana pada akhirnya.

Harga

Nah kalau bicara harga, tentu saja berbeda – beda. Istilah ada harga ada kualitas memang tepat adanya. Dan bisa menjadi patokan. Harga dipasaran dari mulai puluhan ribu rupiah sampai dengan  ratusan bahkan jutaan rupiah. Jika anda mempunyai cukup budget ada baiknya memilih yang relatif mahal. Untuk  handguard  yang  harganya mahal biasanya ada keseimbangan antara sisi estetika dan proteksi. Jadi anda bisa tampil menarik tanpa kehilangan sisi proteksi. Ideal. Tapi buat anda yang mempunyai budget agak terbatas. Setidaknya jangan yang paling murah. Karena hanya akan menjadi aksesoris saja buat motor anda. Kecuali memang anda menginginkannya hanya sebagai aksesoris saja.

 

Dalam hal pemilihan handguard ini, selain pertimbangan – pertimbangan di atas, ada hal yang mungkin bisa dilakukan. Banyak – banyaklah sharing / konsul dengan  orang – orang yang sudah lebih dulu menggunakan aksesoris ini. Setidaknya anda bisa mendapatkan handguard terbaik, berdasarkan budget yang anda miliki. Nah, selamat memilih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *