Home Tips dan Trik Tips Memilih Ban Motor Untuk Harian

Tips Memilih Ban Motor Untuk Harian

by Rhonda Olson
Tips Memilih Ban Motor Untuk Harian

Memilih Ban Motor merupakan hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Anda harus benar benar selektif dalam memilih dan bukan asal memilih. Sebab perlu diingat bahwa medan atau jalur lintasan jalanan tidak semuanya bagus, adakalanya juga terdapat jalan yang berlubang dan tidak rata, jalan berlumpur dan sebagainya. Oleh karena itu pemilihan ban yang akan anda gunakan sehari hari harus benar benar diperhatikan dan harus cerdas dalam memilih ban. Meskipun keadaan jalan sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Tips Memilih Ban Motor Untuk Harian

Kondisi jalan yang basah dan kering memiliki resiko yang berbeda beda. Oleh sebab itu anda harus tau betul tipe ban yang akan anda gunakan. Nah, dalam artikel ini akan di jelaskan bagaimana cara memilih ban yang sesuai untuk harian anda, terutama untuk medan yang kering dan medan yang basah.

5 Tips Memilih Ban Motor Yang Terbaik

Berikut ini beberapa tips untuk memilih ban motor yang sesuai dengan harian anda :

Pilihlah ban dengan permukaan tapak sedang

Untuk anda yang memiliki kendaraan sepeda motor yang anda gunakan sehari hari, lebih baik anda memilih ban dengan jenis tapak sedang atau menengah. Sebaliknya anda jangan memilih ukuran ban dengan tapak lebar atau kecil. Penggunaan ban dengan ukuran tapak kecil memang di satu sisi akan membuat sepeda motor anda menjadi lebih ringan tarikannya dan juga hemat bahan bakar. Namun penggunaan ban tapak kecil ini mudah sekali terpeleset sebab cengkraman ban dijalan yang kurang. Adapun untuk ban dengan tapak lebar ini biasanya di pakai oleh anak muda untuk modifikasi motor mereka.

Penggunaan ban dengan ukuran tapak sedang ata menengah ini adalah yang sesuai dengan yang di buat oleh pabrikan resmi, jadi pasti aman dan sesuai dengan standard operasional.

Memilih ban yang sesuai dengan kondisi jalan

Di indonesia kondisi jalan nya sangat bervariasi. Oleh sebab itu gunakanlah tipe ban yang mampu di gunakan untuk tipe jalan kering dan jalan basah. Sebab apabila anda salah dalam pemilihan ban maka resiko yang sangat mungkin terjadi adalah anda bisa tergelincir saat mengendarai sepeda motor.

Memilih motif dan ukuran ban

Saat pembelian ban maka hal yang paling utama adalah perhatikan bagaimana motif dan ukuran ban tersebut. Bentuk motif ban juga akan sangat menentukan kinerja ban tersebut.

Pahamilah kode pada ban

Selain masalah ukuran, motif dan tipe ban. Hal yang tidak kalah penting adalah anda harus memahami kondisi ban, apakah masih layak digunakan atau tidak. Biasanya pabrikan pembuat ban mendesain ban dapat bertahan hingga 5 tahun.

Baca Juga : TIPS MENGATASI BAN MOTOR BAGIAN BELAKANG UNTUK MATIK MENGUNCI

Sesuaikan dengan budget

Hal yang terakhir adalah sesuaikan lah dengan kondisi keuangan anda. Pilihlah ban yang sesuai dengan kebutuhan motor anda dan tidak perlu membeli ban dengan harga mahal hanya untuk tujuan gengsi.

Pemilihan ban motor memang harus benar benar anda perhatikan demi kenyamanan dan keamanan anda dalam berkendara. Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Tips dan Kiat Beli Ban Motor Secara Online

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More