Tips Memilih  Aki Motor

Anda pernah mengalami susah menghidupkan motor anda dengan cara di stater? Jika pernah, maka kemungkinan anda sedang bermasalah dengan aki motor anda.  Aki berfungsi sebagai penyimpan energi   listrik. Energi listrik dari aki tersebutlah yang menjadi sumber energi  ketika menghidupkan mesin motor dengan cara distater. Ada 2 kemungkinan penyebabnya. Aki lemah, akibat berkurangnya tegangan atau memang akinya sudah mati. Bila mati, berarti sudah saatnya anda mengganti aki anda. Untuk itu anda harus mengetahui tips memilih aki motor yang baik.

Aki motor terdiri dari 2 jenis,yaitu :

Aki basah
Aki jenis ini menggunakan cairan elektroda sebagai  unsur utamanya. Untuk menjaga kapasitasnya, harus diisi ulang secara berkala.

Aki kering
Aki jenis ini menggunakan elektroda berbentuk gel yang tidak perlu diisi ulang.

Bila tiba saat anda harus mengganti aki motor anda, inilah tipsnya :

Kenali motor anda
Maksudnya adalah bila memang motor anda menggunakan aki basah maka belilah aki jenis tersebut juga. Bila motor anda menggunakan aki kering,beli juga yang sama. Untuk memastikan kalau diperlukan baca buku manualnya.

Pilihlah merk ternama
Logikanya sederhana. Merk ternama biasanya sudah sering dipakai oleh para pengendara kendaraan bermotor.  Artinya kualitasnya sudah terbukti. Merk – merk seperti GS Astra, Yuasa bisa menjadi pilihan yang tepat. Mungkin harganya sedikit lebih mahal. Tapi kualitasnya tidak usaha diragukan lagi.

Perhatikan tanggal kadaluarsa
Aki yang diproduksi oleh pabrik, memiliki tanggal kadaluarsa. Biasanya maksimal 6 bulan dari tanggal produksi.  Jika lebih maka kemungkinan komponen – komponennya mengalami penurunan kualitas dan fungsi. Jadi ada baiknya membeli aki motor yang usianya dibawah 6 bulan dari tanggal produksi.

Cek tegangan
Aki dengan kualitas baik memiliki tegangan 12,6V – 12,8V. Jika anda mendapati tegangan aki motor tersebut dibawah itu maka dipastikan aki tersebut sudah lemah dan tidak layak pakai atau minimal cepat rusak. Untuk itu akan sangat bijak sekali bila anda meminta penjual untuk mengecek tegangannya terlebih dahulu.

Periksa cairan eletrolitnya
Hal ini berlaku bila anda membeli aki basah. Cairan elektrolit atau elektroda harus dalam kapasitas standar. Bila kurang dari itu maka aki tidak bisa berfungsi maksimal dalam menyimpan listrik.

Jangan tergiur harga murah
Mungkin seringkali harga murah dengan iming – iming kualitas yang bagus akan membuat anda tergiur.  Tapi ingat ungkapan ada harga ada kualitas. Mungkin tidak selalu benar tapi setidaknya bisa menjadi perhatian bagi anda untuk lebih berhati – hati. Untuk masalah ini ada baiknya anda bersikap realistis dan tidak mengambil masalah hanya karena berkaitan dengan harga.

Selamat berbelanja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *