Tips Memelihara Rantai Motor

Tips Memelihara Rantai Motor

Rantai motor merupakan salah satu komponen penting untuk menjalankan motor. Rantai memang komponen penting dalam setiap motor yang berfungsi untuk mengaitkan antara kekuatan dari mesin dengan ban belakang sehingga motor pun bisa berjalan. Ada beberapa jenis motor yang tidak menggunakan rantai, diantaraya jenis motor vespa dan juga motor matic.

Tips Memelihara Rantai Motor

Keberadaan rantai motor ini tentunya berpasangan gir set. Karen gir merupakan tempat bersandar rantai. Rantai dan gir memang sering kali terlupakan dari perawatan alias disepelekan keberadaannya, padahal perannya sangat vital. Nah, untuk itu sudah seharusnya Anda pecinta motor haruslah memperhatikan kesehatan rantai motor Anda agar performa motor pun tetap mantab.

Perlu diketahui sob, bahwasannya dalam perawatan rantai, sangat tidak dianjurkan untuk memakai oli bekas ataupun bensin untuk membersihkan rantai dari kotoran. Sebab hal ini akan membuat umur rantai sobat akan lebih pendek alias lebih cepat rusah. Nah, melumasi dengan oli bekas pun juga malah akan memperburuk keadaan rantai, karena memang oli bekas justru dapat mengikat kotoran dari luar.

Rantai memang rawan sekali terkena kotoran dar luar, karena memang keberadaannya tidak tertutup sehingga sangat memungkinkan kotoran mudah menempel. Nah, ketika rantai kotor maka sobat dapat memilih oli khusus rantai. Idealnya rantai motor ini dilumasi dengan oli khusus motor kurang lebih 2 kali dalam seminggu. Memang sih beberapa rantai bawaan pabrik sudah menggunakan teknologi O-ring yang tidak memerlukan pelumas tambahan. Sebab rantai jenis ini memang telah memiliki pelumas khusus di dalamya.

Namun dengan berjalannya waktu dan pemakain rantai, hendaknya tetaplah dirawat dengan pelumas rantai khusus sehingga rantai akan lebih awet. Oh iya, untuk menjaga keawetan rantai, disarankan juga untuk mengecek kekencangan rantai sebulan sekali. Nah, untuk Anda pengguna motor sport, pastikan sobat menggunakan rantai motor yang berkualitas dan dengan spesifikasi yang ringan agar tidak terlalu memerlukan perawatan yang ribet.

Perlu diperhatikan juga nih untuk pecinta motor modifikasi, hendaknya sobat juga menyesuaikan antara ukuran gir dan juga rantai. Jika motor modifikasi sobat bisa berjalan dengan kecepatan yang lebih, maka jangan sampai menggunakan gir set standar. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan dan merawat gir bagian depan. Karena memang gir depan ini jarang mendapatkan perhatian. Hal ini memang disebabkan karena letak gir depan yang tidak kelihatan.

Untuk itu sobat bisa sering-sering membuka tutup gir depan dan membersihkannya. Karena memang gir dan rantai merupakan komponen yang berpasangan, oleh karena itu keduanya juga harus dirawat secara bersamaan. Jangan sampai rantai motor terawat dengan baik, namun kondisi gir set terlupakan dan tidak terawat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *