Tips Membersihkan Knalpot Motor Agar Tetap Awet

tips merawat knalpot

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dipergunakan oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Kendaraan tersebut memiliki komponen penting yang harus selalu dijaga dengan baik dan salah satunya adalah knalpot. Komponen yang dipergunakan untuk membuang sisa pembakaran pada mesin tersebut jika tidak dibersihkan maka knalpot motor akan penuh dengan kotoran yang menempel sehingga dapat mempengaruhi performa dari kendaraan roda dua Anda.

Terdapat beberapa yang dapat digunakan untuk merawat knalpot agar bersih dari karat. Pertama adalah oli bekas. Oli yang sudah tidak terpakai tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan karat yang ada di leher knalpot. Cara untuk menghilangkan karat tersebut yaitu:

  • Siapkan oli bekas dan kuas.
  • Nyalakan motor dan biarkan menyala sekitar 10 menit agar knalpot menjadi panas.
  • Oleskan oli bekas ke bagian knalpot yang berkarat.
  • Knalpot kemudian akan mengeluarkan asap yang menjadi tanda bahwa karat pada komponen pembuangan tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Selain menggunakan oli bekas, untuk membersihkan knalpot motordapat menggunakan porstex. Caranya cukup mudah yaitu hanya mengoleskan porstex ke permukaan knalpot yang berkarat dan kotor dengan menggunakan kuas. Oleskan dengan merata dan kemudian siram dengan menggunakan air hingga knalpot bersih. Lap knalpot hingga kering. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan membiarkan porstek menetes ke blok mesin karena dapat membuat cat menjadi luntur.

Ketiga adalah dengan menggunakan pertamax plus. Biasanya, untuk membersihkan mesin dari dalam, atau jika motor tidak sempat di service, penggunaan pertamax dapat membantu untuk membersihkan mesin. Namun, untuk merawat knalpot, Anda dapat mencampurkan pertamax plus dan minyak tanah dengan menggunakan perbandingan 1:2. Oleskan campuran tersebut dengan menggunakan kuas ke bagian yang berkarat dan terdapat bercak hitam. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menyikat knalpot secara perlahan.

Agar knalpot motor bersih dan membuat performa motor menjadi maksimal, terdapat langkah-langkah yang dapat dilakukan berdasarkan pada jenis knalpot, yaitu:

Knalpot original atau standar 4-tak. Cara perawatannya yaitu:

  • Ketika memanaskan mesin jangan terlalu lama karena akan membuat knalpot menjadi kuning.
  • Setiap 2 bulan sekali, beri oli secukupnya ke lubang knalpot.
  • Jika berkarat, bersihkan kotoran yang menempel di knalpot dengan menggunakan sikat kawat atau amplas atau dengan pengolesan oli bekas.
  • Jika menggunakan oli bekas, hidupkan mesin cukup lama agar kotoran mengelupas.

Knalpot racing membutuhkan perawatan khusus jika dibandingkan dengan knalpot standar yang bersifat kering. Cara perawatan agar knalpot menjadi lebih awet, sebelum knalpot dipasang, harus dioleskan pelumas bekas ke knalpot dengan menggunakan kain. Untuk perawatan, oleskan pelumas bekas Hidupkan mesin kurang lebih 2 menit sehingga oli akan menguap akibat panas dan kotoran akan hilang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *