Home Perawatan Motor Tips Membersihkan Karburator Motor yang Benar

Tips Membersihkan Karburator Motor yang Benar

by Rhonda Olson
Tips Membersihkan Karburator Motor yang Benar

Kaburator merupakan bagian motor yang berfungsi menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran. Dilihat dari fungsinya, kaburator motor akan sering kotor, sehingga perlu dibersihkan. Kaburator yang tidak pernah justru akan mengganggu kinerja mesin, contohnya mesin akan sering tersendat-sendat. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan motor, setiap orang diwajibkan memiliki pengetahuan membersihkan kaburator yang benar.

Tips Membersihkan Karburator Motor yang Benar

Apa Penyebab Karburator Kotor?

Sebelum dibahas tips membersihkan kaburator yang benar, baiknya kita tahu apa saja yang menyebabkan kaburator kotor. Beberapa penyebabnya seperti:

  • Pegas kehilangan kelenturan. Penyebab ini sering ditemukan seiring usia pemakaian yang semakin bertambah, juga karena terlalu sering membuka-tutup kaburator yang membuat kotoran cepat mudah masuk.
  • Kotoran pada klep motor. Kaburator kotor juga bisa disebabkan karena klep motor yang kotor yang menyebabkan pasokan bahan bakar yang disalurkan ke ruang pembakaran menjadi tidak maksimal. Maka yang pertama Anda harus memastikan kebersihan klep secara berkala. Pembersihan klep sendiri juga harus hati-hati karena jika tidak malah akan menggeser pegas.
  • Kebocoran bagian membran. Penyebab karburator motor kotor yang terakhir ini adalah karena bocornya membran/komponen berbahan karet yang berada di bawah karburator vakum.

Tips Membersihkan Karburator Motor yang Benar

Setelah mengetahui penyebab-penyebab karburator kotor, kini Anda dapat menyimak tips di bawah untuk membersihkan karburator dengan benar:

  1. Lepas karburator dengan hati-hati. Disarankan karburator dilepas dari dudukan atau manifold nya dengan hati-hati agar mudah membersihkan sela-selanya nanti.
  2. Pembersihan filter udara. Langkah ini akan lebih mudah jika komponen filter ini dilepas terlebih dahulu. Pembersihannya pun juga disarankan menggunakan cairan khusus. Setelah selesai, diamkan beberapa saat agar cairan terebut mongering sendiri.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan membuka mangkuk karburator. Lepaskan semua baut pengaitnya dan pastikan apakah ada kotoran yang mengendap atau menempel. Selain itu periksa juga apakah bagian ini terkontaminasi air, jika iya maka bersihkanlah menggunakan kain lap kecil, juga sediakan kuas untuk bagian lain yang tidak terkena air.
  4. Pembersihan bagian pilot jet, main jet, serta needle jet. Bagian ini juga penting untuk dibersihkan dengan cara dilepas satu per satu. Anda bisa membersihkannya menggunakan kompresor agar bersihnya maksimal.
  5. Membersihkan bagian spuyer karburator. Anda bisa membersihkan bagian ini dengan amplas halus, pastikan jangan sampai mengubah diameternya.
  6. Merakit kembali bagian-bagian yang sudah dibersihkan tadi. Pastikan setiap bagian sudah dibersihkan secara menyeluruh. Jangan lupa untuk mengatur campuran bahan bakar dengan menyetel tingkat ketinggian pelampung bensin. Kemudian pasang kembali karburator motor pada dudukannya.

Baca juga artikel menarik lainnya di motoraja.com

Dari proses di atas sekali lagi harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu kinerja mesin. Pembersihan karburator ini tentunya harus dilakukan secara teratur. Jika suatu saat Anda menemukan masalah pada saat membersihkan karburator, Anda bisa membawanya ke bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:  Tampil Gahar dengan All New R15 Yamaha Movistar, Si Motor Sport Terbaik

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More