Tips Membeli Velg Motor Bekas yang Masih Bagus dan Berkualitas

Penggantian velg pada kendaraan, khususnya motor memang seringkali dilakukan untuk keperluan modifikasi penampilannya. Namun jika dilihat dari segi fungsionalnya, velg bawaan pabrik tentu sudah lolos uji standarisasi keamanan serta fungsi sehingga sudah tak perlu lagi diganti-ganti. Namun tampilan standar pada motor seringkali membosankan dan membuat banyak orang tertarik untuk memberikan sedikit sentuhan modifikasi, salah satunya adalah dengan mengganti velg motor standar dengan velg racing atau modif.

Sebenarnya hal demikian sah-sah saja selama dari segi fungsional, velg terbukti aman dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk kenyamanan berkendara. Sebenarnya ada banyak sekali jenis dan juga merek velg yang ada di pasaran, harganya pun beragam tergantung pada model dan juga popularitas merek. Karena velg tak hanya memiliki peranan penting, tetapi juga memiliki nilai kepuasan tersendiri maka velg racing yang bagus cenderung lebih mahal. Namun, karena demi memuaskan hasrat ingin memodifikasi tampilan motor agar lebih ciamik maka terpaksa pilihan jatuh pada velg racing KW atau velg racing bekas.

Berbicara soal velg bekas, sebenarnya jika memang kita terbentur dengan budget maka velg bekas memang bisa jadi pilihan yang tepat. Harganya bisa jauh lebih murah, namun tentu harus tetap berpedoman pada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih velg motor racing bekas. Jika Anda bisa jeli saat memilih, bukan hanya bisa menghemat pengeluaran Anda, tapi juga bisa mendapatkan barang yang bagus. Namun sebaliknya jika keliru dalam memilih maka selain akan membuang-buang uang, tapi juga berdampak pada keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Berikut ini adalah beberapa hal yang jadi pertimbangan membeli velg bekas:

Baca Juga: KETAHUI CIRI DARI VELG MOTOR YANG BAGUS AGAR ANDA TIDAK SALAH PILIH

  • Agar bisa memperoleh velg yang masih bagus dan bekas, periksalah sekitar bibir velg apa ada yang pecah atau retak, sebaiknya dihindari saja. Namun jika velg yang Anda beli sedikit peyang, maka masih bisa diperbaiki dengan cara di press di bengkel setel velg.
  • Cek bekas bubut di bagian velg, jika ada maka bisa jadi velg nya pernah bengkok cukup parah.
  • Periksa bagian bearing juga karena seringkali si penjual akan mencopot rumah bearing supaya kondisinya tidak ketahuan. Mintalah penjual menyertakan rumah bearing velg yang Anda akan beli. Rumah bearing pada velg yang oblak bisa menimbulkan ketidakstabilan saat putaran tinggi (oleng).

Tips yang terakhir, saat membeli velg motor bekas, periksa kembali permukaan velg, apakah ada warna cat yang agak mencurigakan seperti warnanya beda atau terlalu tebal maka bisa jadi itu untuk menutupi bagian yang cacat pada velg. Periksa pula tulisan angka maupun huruf yang ada pada palang velg jika nampak samar maka bisa jadi velg tersebut rekondisi atau dicat ulang. Belilah velg bekas pada penjual yang reputasinya baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *