Tips Membeli Motor Bekas Yang Tepat, Teliti Dan Cermat

Semakin banyaknya permintaan kebutuhan kendaraan bermotor roda dua menyebabkan permintaan motor bekas mengalami peningkatan yang tidak kalah dengan motor baru. Namun tidak sedikit orang yang merasa takut dan bimbang memilih motor bekas, alasannya takut mendapatkan motor yang tidak cocok setelah terjadi transaksi atau terkena tipu.

Memilih kendaraan bekas memang harus hati-hati dan teliti, apalagi banyak penjual yang mencoba menutupi kekurangan pada motor bekas dengan berbagai cara agar harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi. Sebagai pembeli yang cerdas, dituntut untuk mempertimbangkan banyak aspek tidak hanya memilih hanya karena luarannya saja.

Jika dilihat dari aspek harga, motor bekas harganya lebih murah dibandingkan dengan motor yang masih baru. Jika pembayaran tunai dirasa berat, bisa pilih pembayaran yang menggunakan sistem kredit. Jadi, sebaiknya sebelum membeli motor pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Sesuaikan Dengan Budget

Poin pertama yang harus dijadikanbahan pertimbangan adalah budgeting atau keuangan Anda. Sebaiknya pilih motor yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jika kemampuan Anda hanya Rp 5 juta rupiah, jangan mengincar  yang harganya RP 10 juta rupiah. Lakukan tawar menawar jika memungkinkan.

Sesuaikan Dengan Fungsi Dan Tujuan

Setelah poin pertama selesai, yang harus dipikirkan selanjutnya adalah memikirkan tujuan Anda membeli motor tersebut. Digunakan untuk apa jika nanti sudah dibeli, apakah untuk transportasi sehari-hari, untuk bisnis atau sekedar untuk koleksi.

Baca Juga: TELITI SEBELUM MEMBELI, YANG AKAN MEMBELI MOTOR BEKAS BACA ARTIKEL INI

Pilih Motor Yang Anda Inginkan

Setelah mengetahui berapa budget yang Anda miliki dan tujuan pembelian motor, lanjutkan dengan menentukan jenis motor yang Anda inginkan. Sekarang sudah banyak sekali jenis motor yang ada di Indonesia, Anda bisa pilih sesuai dengan kesukaan dan kehendak Anda. Pastikan motor yang Anda pilih budgetnya murah, cocok dan bisa menjadi kawan di segala aktivitas.

Cari Spesifikasi Motor Yang Sesuai

Jika sudah menentukan jenis motor yang akan dibeli, lanjutkan dengan memilih motor yang spesifikasinya lengkap. Cari informasi secara detail agar tidak menyesal kemudian hari. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya,selain itu perhatikan komponennya. Pastikan motor yang Anda beli enak dikendarai.

Cari Informasi Harga Dan Lakukan Perbandingan

Setelah mendapatkan jenis motor yang Anda incar termasuk tipenya, lanjutkan dengan mencari informasi harga motor yang dijual di pasaran. Lakukan juga perbandingan harganya dari penjual yang satu dengan penjual yang lain. Jika sudah mendapatkan motor dan yakin maka lanjutkan mencari di dealer atau iklan di media cetak, online.

Jika ternyata motor yang Anda inginkan tidak sesuai budgetnya, jangan bersedih. Lebih baik cari motor bekas lainnya yang budgetnya sesuai dan spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan motor yang Anda idamkan. Jangan pernah terpatok pada satu jenis atau merk motor saja, karena sekarang sudah banyak sekali yang bisa Anda jadikan pilihan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *