Home Tips dan Trik Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Dari Kepolisian

Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Dari Kepolisian

by Rhonda Olson
Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Dari Kepolisian

Memiliki motor sebagai kebutuhan untuk sarana transportasi adalah sebuah hal penting untuk menunjang aktivitas keseharian kita. Namun, tidak semua orang mampu membeli motor karena keterbatasan dana. Sebagai solusi, membeli motor bekas bisa jadi pilihan tepat yang layak untuk dicoba.

Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Dari KepolisianHanya saja, maraknya motor second di Indonesia menimbulkan banyak keraguan kepada calon pembeli, terkhusus pada kualitasnya.

Oleh karena itu, dalam membeli bekas sebaiknya Anda teliti agar tidak tertipu dan malah menyesal di kemudian hari. Sebaiknya Anda menyimak beberapa tips ala Polisi dalam memilih motor bekas terbaik, antara lain:

Cek harga pasaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mencari motor bekas adalah mengecek harga motor di pasaran, baik melalui Koran maupun dari internet. Atau sebaiknya Anda bisa langsung ke dealer resmi sepeda motor untuk mengetahui harga pasti penjualan sepeda motor yang Anda incar.

Cek nomor rangka dan mesin motor

Pastikan nomor rangka di STNK dan BPKB sama.  Apabila sama, jangan terkecoh dulu. Perhatikan lebih detail lagi nomor-nomor tersebut dan pastikan asli, bukan ketokan kasar. Karena tak sedikit penjualan motor bekas mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara di ketok.

Untuk lebih meyakinkan Anda bisa mengecek nomor polisi di sumber terpercaya Kepolisian, dengan caranya ketik: Metro(spasi)nomor polisi. Contoh: Metro B8118HJ Kirim ke 1717. Ini hanya untuk wilayah Jakarta. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, silakan ketik: JATIM L4444LY kirim ke 1717. Tunggu balasannya.

Cek kondisi oli motor

Meski Anda hanya membeli motor bekas, namun Anda juga perlu memeriksa kondisi oli yang ada di dalam mesin. Disarankan untuk memeriksa kondisi motor lebih detail lagi jika Anda menemukan ukuran oli berlebihan, karena limpahan oli dapat menyebabkan suara mesin motor jadi halus sehingga suara asli motor yang mungkin saja kasar atau berisik bisa jadi tersamarkan.

Hidupkan mesin motor

Baca Juga:  Harga dan Spesifikasi Honda Super Cub C125 Terbaru

Setelah memastikan kondisi oli, Anda bisa mencoba menghidupkan mesin motor dan mengecek apakah stationer atau langsam. Jika mesin motor dapat langsam pada arena putaran kurang lebih 1.500 rpm, berarti kondisi pada mesin yang tidak bermasalah. Jangan lupa juga untuk memastikan tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.

Cek kebocoran

Tips membeli motor bekas selanjutnya adalah memeriksa kebocoran oli. Usahakan Anda dapat izin untuk mencoba mengendarai motor di durasi yang lama. Jika motor sudah berjalan sekitar 500 meter, perhatikan apakah ada oli yang bocor dan keluar dari sela-sela mesin. Jangan lupa juga mengecek kebocoran air radiator untuk motor yang menggunakan radiator.

Cek kondisi kelistrikan

Anda bisa mengecek kondisi AKI dengan memeriksa kelistrikan melalui lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu rem belakang, lampu sein, klakson, elektrik stater motor dan lampu speedometer. Apabila semua berfungsi sebagaimana mestinya, berarti tidak ada kerusakan pada komponen maupun AKI motor.

Kalau bisa cobalah test ride

Untuk mengecek kondisi motor secara keseluruhan, minta penjual motor penjual agar mengizinkan Anda untuk mencoba mengendarai motor tersebut. Di momen ini Anda akan bisa merasakan apakah adalah kelainan pada motor bekas tersebut dan tidak handling pada akselerasinya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More