Tips Melakukan Perawatan Motor yang Benar dan Tepat

Memiliki sepeda motor tidak akan pernah lepas dari pengeluaran uang, yang mana kita memiliki kewajiban untuk melakukan perawatan motor secara berkala, terlebih lagi pada motor yang digunakan secara terus menerus pada setiap harinya, tentu hal ini pun juga akan mempengaruhi pada mesin motor. Melakukan perawat secara berkala pun juga akan menghindarkan Anda dari boros, yang mana apabila terjadi sesuatu pada motor Anda, maka Anda pun tentu tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi secara terus menerus, dengan begitu Anda pun akan terhindar dari kerusakan parah yang akan menjadikan Anda harus merogoh uang nya banyak.

Dalam hal melakukan perawatan secara berkala pada kendaraan Anda pun juga akan memberikan beberapa manfaat yaitu seperti berikut ini:

  • Memberi jaminan keamanan serta kenyamanan.

Hal ini terjadi karena kendaraan yang dirawat akan memberikan performa sepeda motor secara maksimal dengan begitu maka akan mengurangi resiko dalam berkendara.

  • Memiliki umur yang jauh lebih lama.

Mesin tidak akan terhindar dari debu atau kotoran dengan begitu melakukan perawatan secara berkala akan menjadikan mesin motor terhindar dari debu dan kotoran.

  • Hemat bahan bakar.

Dengan terjaganya fungsi kerja motor, maka hal ini akan menghemat bahan bakar.

  • Hemat biaya perawatan.

Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka kerusakan yang terjadi pada mesin pun akan dengan mudah terdeteksi dan Anda pun akan dengan cepat melakukan tindakan.

Baca Juga: CARA PERAWATAN MOTOR MATIC INJEKSI

Melakukan perawatan motor bukan berarti menjadikan pemilik kendaraan boros, justru sebaliknya, akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui betapa pentingnya melakukan perawatan secara berkala. Memiliki kendaraan bermotor memang harus siap untuk mengeluarkan uang pada periode tertentu karena mesin pada kendaraan yang Anda miliki pun juga membutuhkan perawatan yang berkala agar kendaraan Anda tetap tampil prima dan awet.

Adapun cara yang dapat Anda lakukan agar kendaraan Anda tampil prima dan nyaman untuk Anda kendarai, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Lakukan pergantian oli secara rutin.
  2. Hindari melakukan tarikan gas yang secara spontan.
  3. Kendarai motor Anda dalam keadaan yang stabil.
  4. Panasi kendaraan sebelum di gunakan. Waktu yang Anda butuhkan hanya cukup 5 menit saja, dan jangan terlalu lama.
  5. Perhatikan kebersihan motor.
  6. Lakukan service secara berkala

Seiring dengan berkembangnya jaman terlebih lagi pada perkembangan dunia teknologi dan otomotif saat ini telah memenuhi jalan, yang mana sekarang ini semua orang memiliki kendaraan bermotor, yang menjadikan macet di sepanjang perjalanan. Hal ini disebabkan karena kendaraan motor sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Semoga tips mengenai perawatan motor di atas dapat berguna bagi Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *