Tips Melakukan Perawatan dan Servis Motor Sendiri

Tips Melakukan Perawatan dan Servis Motor Sendiri

Servis motor memang merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik motor. Servis bertujuan untuk merawat ataupun mendiaknosa apabila terdapat kerusakan pada mobil sobat. Untuk motor 4 tak, jarak ideal dilakukan servis adalah kurang lebih 3 bulan sekali. Sobat bisa menyesuaikan kurun waktu sesuai dengan pemakaian.

Tips Melakukan Perawatan dan Servis Motor Sendiri

Nah, untuk sobat yang belum bisa servis motor sendiri, tentunya selama 3 bulan sekali akan mengeluarkan uang untuk biaya servis di bengkel. Padahal jika sobat mau belajar, sobat bisa kok servis sendiri di rumah sehingga akan menghemat uang sobat. Nah, untuk itu kali ini ane akan berbagi tips nih tentang cara merawat motor dan juga servis sendiri yang mungkin akan sedikit membantu sobat.

Merawat sepeda motor sebenarnya bisa kita mulai dengan hal-hal yang sederhana sepeti memriksa bagian rantai motor. Karena memang seiring pemakian rantai bisa mudah kendor. Setelah itu, sobat juga bisa mengecek tekanan angin pada ban, yang tujuannya adalah untuk mendiaknosa apakah ban Anda terjadi kebocoran atau tidak.

Setelah itu, sobat juga bisa mengecek bagian rem, lihat apakah minyak rem sudah berada pada batas minimal? Kalau sudah sobat bisa mengisi minyak rem sesuai dengan standarnya. Setelah oli rem, sobat bisa beralih memeriksa oli mesin. Karena memang oli mesin merupakan komponen yang tak kalah penting, jadi haruslah rutin untuk memeriksanya. Lihat apakah oli mesin sudah tidak layak, atau jangan-jangan oli mesin sobat malah habis.

Untuk itu mengecek oli mesin juga perlu, sebab jika sampai kehabisan oli mesin maka mesin pun juga akan cepat rusak. Selain itu, sobat juga bisa memeriksa air accu untuk merawat accu agar lebih awet. Nah, adapun tips untuk servis motor, sobat bisa memulainya dengan hal-hal sederhana sebagai berikut:

  • Bersihkan filter udara

Caranya cukup mudah kok, yaitu dengan melepas baut yang terhubung dengan saringan udara, kemudian lepas dan bersihkan filter udaranya.

  • Bersihkan karburator

Langkahnya yaitu silahkan lepas karburatornya, kemudian silahkan bongkar komponen-komponen pada karburator dan silahkan bersihkan satu persatu dengan bensin.

  • Setel celah katup

Langkahnya yaitu silahkan buka penutup katup in dan ex, setelah itu Top kan dan kemudian  lepaskan baut pengunci katup dan kendorkan. Setelah itu filler dimasukkan di celah katup dan kemudian setel katup dengan standartnya. Caranya yakni dengan memutar baut penyetel. Jika sudah kencangkan baut penguncinya.

  • Bersihkan busi motor

Lepaskan busi motor terlebih dahulu, dan silahkan bersihkan menggunakan sikat kawat hingga bersih. Dan apabila sudah bersih, sobat bisa memasangnya kembali. Dan selamat, sobat sudah bisa melakukan servis motor sendiri di rumah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *