Home Tips dan Trik Tips Ketika Mengganti Colboster dengan Mudah pada Dinamo Motor

Tips Ketika Mengganti Colboster dengan Mudah pada Dinamo Motor

by Rhonda Olson
Tips Ketika Mengganti Colboster dengan Mudah pada Dinamo Motor

Dinamo motor merupakan komponen penting dalam motor dimana dinamo ini juga berpengaruh terhadap fungsi tater. Nah jika tiba-tiba stater Anda tidak berfungsi, maka segeralah memeriksanya sebelum memvonis colboosternya rusak. Karena penyebab utamanya belum tentu pada dinamo. Untuk itu, Anda dapat memeriksanya terlebih dahulu.

Tips Ketika Mengganti Colboster dengan Mudah pada Dinamo Motor

Selain dinamo motor, penyebab hilangnya fungsi stater adalah pada switch elektrik starter. Cobalah memeriksanya terlebih dahulu apakah switch elektrik starter benar-benar dalam keadaan baik. Untuk caranya Anda dapat melepas tombol switch-nya, kemudian silahkan jumper dua kabel yang terdapat pada konektor 2p tersebut. Memeriksa kesehatan aki juga perlu untuk memastikan apakah penyebab dari matinya fungsi stater.

Anda juga dapat memeriksa bandik atau relay stater benar bekerja dengan baik. Caranya cukup gampang yaitu dengan menekan tombol stater, kemudian silahkan Anda dengarkan. Jika relay berbunyi klik, maka dapat dipastikan bahwa penyebab stater tidak berfungsi adalah dikarenakan dinamo-nya yang rusak.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa tegangan aki, apakah tegangan aki sudah benar sampai pada dinamo. Untuk caranya yaitu dengan menggunakan multitester atau bolep tester pada kabel merah dinamo. Ketika tombol stater motor Anda di tekan, pada normalnya akan menunjukkan adanya tegagan pada aki di kabel tersebut.

Nah jika pemeriksaan tegangan aki sampai dengan dinamo sudah selesai, maka dapat dipastikan bahwa dinamo terebut benar rusak. Dan untuk memperbaikinya Anda bisa lakukan dengan mengganti coolboster. Nah dalam mengganti coolboster pada dinamo motor, Anda harus memperhatikan beberapa hal nih, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Silahkan membuka cover-cover pada motor Anda sehingga letak dinamo staternya terlihat.
  • Kemudian lepaslah dinamo dari mesin motor.
  • Setelah itu silahkan buka dinamonya hingga terlihat colbosternya.
  • Ketika membuka dinamo, pastikan ring-ring yang Anda lepas diletakkan ditempat yang aman, agar tidak kelupaan dan hilang.
  • Ketika melepaskan baut pada colboster di dinamo, biasanya salah satu baut pengait akan patah. Namun tenang saja, karena Anda masih bisa memasangnya di pengait yang satunya.
  • Ketika memasang armature, Anda dapat menyiapkan penjepit baju untuk menahan per pelontar pada colboster agar Anda tidak kesultan nantinya.
  • Nah setelah colboster Anda sudah terpasang, maka silahkan rakit kembali dinamonya. Ingat ya, jangan sampai terbalik saat memasang ring nya, karena hal tersebut akan mengakibatkan konslet.
  • Kemudian silahkan pasang lagi dinamo pada mesin motor Anda. Dan cobalah untuk mengecek staternya, dan lihat deh hasilnya.

Nah itulah sob tips memasang coolboster pada dinamo motor, bagaimana sob mudah kan? Sebenarnya tidak sulit sih, tapi jika Anda ragu untuk melakukannya silahkan saja pergi ke bengkel yang terpercaya. Karena di bengkel sudah ada mekanik yang akan menanganinya.

Baca Juga:  4 Cara Modifikasi Motor Klasik Honda CB 100 Untuk Penggemar Motor Klasik

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More