Home Onderdil Motor Tips Hemat Saat Mengganti Spare Part Mobil

Tips Hemat Saat Mengganti Spare Part Mobil

by Rhonda Olson
Tips Hemat Saat Mengganti Spare Part Mobil

Tentunya setiap kendaraan pasti membutuhkan yang namanya perawatan setiap bulannya. Apalagi untuk kendaraan roda empat, seperti mobil. Tiap bulannya akan membutuhkan yang namanya pergantian spare part. Namun untuk setiap pergantian, pasti membutuhkan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Sehingga dibutuhkan sebuah siasat agar tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Bagi Anda yang ingin melakukan penghematan biaya perawatan mobil, maka berikut ini tips untuk berhemat namun tidak mengganti bagian mobil dengan bagian yang palsu.

Tips Hemat Saat Mengganti Spare Part Mobil

Tips Hemat Saat Mengganti Spare Part Mobil

Patuhi ketentuan dalam buku service

Tentu saja, setiap Anda membeli mobil pastinya pihak produsen akan selalu memberikan panduan kapan waktu yang tepat untuk mengganti bagian spare part mobil Anda. Setidaknya mulai dari service pertama hingga service berikutnya, pastilah membutuhkan penggantian setidaknya satu bagian dan bisa lebih jika Anda mampu. Namun untuk bisa menghemat biaya, Anda bisa mengikuti ketentuan yang ada di buku panduan kapan waktunya untuk mengganti bagian mobil tersebut, karena setidaknya apa yang sudah dituliskan di dalam buku panduan, biasanya sudah ditata sehemat mungkin oleh pihak perakit. Sehingga mengganti bagian sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan dasar mobil akan membantu Anda menghemat pengeluaran dengan lebih baik.

Membeli sparepart di kota kecil

Datang ke kota kecil untuk belanja spare part yang original merupakan sebuah solusi yang tepat. Biasanya beberapa produsen ternama akan memberikan perbedaan harga jual untuk beberapa kota. Maka dari itu, datangilah kota kecil yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda untuk berburu bagian-bagian mobil yang biasanya harus sering diganti untuk persediaan. Cara seperti itu biasanya akan membantu menghemat biaya perawatan secara signifikan. Anda setidaknya harus melakukan perbandingan harga untuk bisa memastikan apakah benar harga di kota kecil memang lebih murah. Biasanya harganya memang terjangkau, namun pilihan yang ada terbatas.

Pastikan tidak mengubah setting mesin mobil

Baca Juga:  3 Penyebab Rantai Motor Sering Putus Saat Berkendara

Biasanya, pada suatu keadaan tertentu, ada sebuah spare part yang sedang dibutuhkan namun tidak ada stoknya padahal merupakan bagian yang jarang sekali mengalami kerusakan. Namun kenyataannya semua bengkel dan toko tidak memiliki stoknya sekalipun bagian tersebut harus segera diganti. Biasanya jalan pintas yang akan dipilih adalah menggantinya dengan merek lain yang tidak pernah dipakai. Mengganti dengan merek yang berbeda biasanya akan memberikan dampak yang cukup tidak baik untuk mobil Anda. Seandainya pun cara ini harus diambil Anda setidaknya harus memilih yang tidak lagi perlu melakukan penyetingan ulang. Sehingga kemungkinan untuk bisa menggunakan kembali bagian aslinya tetap ada dan kondisi mobil Anda tetap terjamin.

Lakukan di bengkel profesional

Biasakan untuk melakukan pergantian spare part di bengkel yang sudah memiliki teknisi yang profesional sehingga mereka sudah paham sekali dengan spesifikasi dan juga kriteria dari mobil Anda. Jauh lebih baik lagi jika Anda mengunjungi bengkel resminya.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More