Tips Dan Trik Ampuh Agar Bahan Bakar Motor Awet

Memiliki motor yang irit bahan bakar merupakan keinginan semua pemilik motor. Hemat bahan bakar artinya hemat pengeluaran. Selain itu keuntungan memiliki motor awet bahan bakar lainnya adalah mengurangi pengurangan minyak bunyi yang semakin berkurang. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar motor lebih irit bahan bakar. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pasang Power Booster

Tips pertama yang bisa Anda coba lakukan agar motor awet bahan bakarnya adalah memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk semua jenis motor, baik itu motor yang menggunakan mesin 2 tak atau 4 tak. Dengan melakukan pembesaran pengapian maka otomatis bahan yang diletupkan busi semakin sempurna.

Logikanya jika pengapian besar sempurna maka tidak perlu membuka gas terlalu besar dan bisa menjalankan motor dengan tenaga yang besar. Cara memasang power booster harus dilakukan di bengkel motor yang ada di daerah Anda.

Penyetelan Ulang Pelampung Karburator

Sebelum mesin masuk ke ruang pembakaran, biasanya akan ditampung terlebih dulu oleh karburator. Nah, Anda bisa menghemat bahan bakar dengan cara menyetel pelampung karburator. Cara ini tentu saja dapat mempengaruhi tenaga motor, caranya bisa turunkan ketinggian pelampung pada karburator dengan jarak kurang lebih 1-2 mm.

Setel Kerapatan Klep

Jiak Anda menggunakan motor mesin 4 tak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar adalah dengan mengubah setelan klep. Fungsi klep adalah untuk mengatur campuran bahanbakar dan udara yang masuk ke ruang bakar. Dengan menyetel kerapatan klep motor, otomatis bukaan valve akan menyempit sehingga semburan bensin lebih sedikit.

Membersihkan Kerak

Kerak yang menempel pada mesin motor bisa mengganggu proses pembakaran dan pembuangan. Jika kerak terdapat pada silinder kopo, seher atau klep bisa mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Akibatnya pengeluaran bahan bakar menjadi lebih boros. Kerak yang menempel pada knalpot juga bisa menyebabkan pembuangan gas menjadi tidak lancar.

Meningkatakan Kompresi Mesin

pada dasarnya jika kompres semakin tinggi yang masuk ke dalam silinder akan terkompresi lebih sempurna. Artinya jika kompresi mesin tidak tinggi atau bocor bisa menyebabkan bahan bakar akan terbuang sia-sia dan menjadi kerak di saluran pembuangan.

Cara Lainnya

Selain tips cara menghemat bahan bakar yang sudah disebutkan di atas, sebenaranya masih ada cara lainnya yang bisa dicoba agar bahan bakar lebih irit, yaitu:

  • Menyetel klep dan head kop
  • Menggunakan oli berkualitas
  • Melakukan service karburatord dan injector
  • Mengganti atau membersihkan busi
  • Jangan menginjak pedal gas dengan menghentak tiba-tiba
  • Pindahkan gigi perseling di RPM rendah

Demikian informasi mengenai cara agar bahan bakar motor awet dan lebih irit. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *