Tips dan Panduan Sederhana Dalam Perawatan Motor Bekas

Perawatan motor mutlak dilakukan oleh masyarakat yang mempunyai kendaraan bermotor. Alasannya sebenarnya sederhana, yakni biar motor Anda tetap tampil maksimal dan fits ketika dikendarai. Apalagi Anda adalah masyarakat yang tergantung dengan kendaraan roda dua. Apapun motor yang anda miliki saat ini, sekalipun motor bekas anda wajib dalam menjaga keseluruhan mesin maupun tampilan body motor bekas Anda.

Karena motor yang bagus perawatannya akan sangat bermanfaat bagi Anda, juga dikemudian hari. Jika Anda saat ini sedang masih bingung, dalam menjaga perawatan motor bekas Anda.  Tenang guys, karena kami akan memberikan informasi panduan di bawah ini sebagai berikut. Semoga bisa Anda aplikasikan dengan jadwal yang disipilin dan berkala.

  • Selalu bersihkan motor Anda, ketika sudah tampak kotoran yang melekat. Motor bekas memang butuh perawatan cukup ekstra. Anda jangan tidak peduli, anda harus peduli ketika motor anda terlihat kusam, berdebu dan tidak bersih. Anda harus mendatangi cuci motor steam yang terdekat di kota Anda. biaya murah dan motor anda pun bisa langung bersih. Karena kalau motor anda jarang dibersihkan, dikhawatirkan ada kotoran yang menempel dan tentunya akan membuat kaki-kaki motor anda, berkarat dan tentunya hal tersebut malah susah dibersihkan. Apalagi saat dimusim hujan seperti ini, kalau motor anda terkena air hujan sering, anda harus rajin-rajin menyiramnya setelah sampai di rumah. Sederhana sih, tapi ini tips yang paling bermanfaat.
  • Perikasalah busi motor Anda setiap perjalanan jauh, sekiranya sudah mencapai beberapa puluh kilometer. Periksalah busi motor bekas Anda, apakah masih berfungsi dengan baik atau malah tidak maksimal. Anda tinggal bawa ke bengkel, dan tanyakan apakah busi motor anda masih layak. Jika tidak gantilah yang  baru dan lebih bagus, karena kalau anda paksakan untuk tidak mengganti busi motor Anda, motor anda bisa terkendal saat anda sedang berjalan jauh., ingat motor bekas itu butuh perawatan ekstra.

    Baca Juga: CARA MERAWAT PERFORMA MOTOR AGAR TETAP BAGUS UNTUK PEMULA

  • Service Rutin. Service rutin pada motor baru mutlak Anda lakukan dengan waktu menurut buku panduan, 3 bulan sekali. Pengecekan pada service rutin ini biasanya meliputi service karburator. Tujuannya tidak lain agar motor baru Anda  komponen rongga rongga spuyer serta klep tetap dalam keadaan bersih dan terhindar dari segala macam kotoran ataupun debu- debu halus yang bisa menggangu aliran besin yang menuju ke pembakaran.

4.Membersihkan karburator adalah sebagai salah satu syarat perawatan motor yang bagus dan baik. Bersihkanlah perangkat bagian main jet dan pilot motor Anda. caranya menyetel angin motor manual, yakni dengan menutup baut setelah angin, lalu buka perlahan secara berlawanan aruh jarum jam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *