Home Aksesoris Motor Tips dan Manfaat Mengenakan Sepatu Touring untuk Perjalanan Jauh

Tips dan Manfaat Mengenakan Sepatu Touring untuk Perjalanan Jauh

by Rhonda Olson

Saat musim mudik tiba, sebagian orang memilih untuk mengendarai motor ketimbang bus atau kereta untuk pulang ke kampung halaman. Lalu bagaimana agar perjalanan ini lancar? Banyak yang harus dipersiapkan dari pakaian yang nyaman digunakan, tas yang sesuai dibawa saat berkendara, hingga sepatu yang akan digunakan. Berbicara tentang sepatu, tentu setidaknya Anda mempunyai sebuah sepatu touring untuk digunakan dalam perjalanan yang jauh. Sepatu ini memiliki banyak kelebihan, sehingga selalu menjadi pilihan saat melakukan perjalanan jauh. Jika Anda masih bingung bagaimana cara memilihnya, berikut ini ada panduannya untuk Anda.

Tips Memilih Sepatu Touring

Utamakan kenyamanan

Seiring berkembangnya zaman membuat inovasi dalam produksi sepatu touring semakin banyak dan bervariasi. Setiap brand memiliki standar masing-masing dalam desain dan material pembuatannya. Itulah penting bagi Anda untuk mengutamakan kenyamanan dibandingkan dari segi desain fisik. Pastikan sepatu yang dibeli terbuat dari material anti air, elastis, kuat, dan berpori sehingga kaki tidak akan sesak.

Desain

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa desain sepatu touring sangatlah beragam. Anda bisa memilih sesuai dengan selera ataupun kebutuhan. Misalnya sepatu riding yang dapat menutup seluruh bagian kaki dengan baik. Sepatu yang terbuat dari bahan elastic yang tidak membuat kaki cepat pegal. Sepatu ini biasanya memiliki desain dengan tinggi di bawah lutut agar dapat melindungi kaki dari angin dan panas.

Size

Kegiatan mudik ataupun touring biasanya dilakukan dalam waktu yang lama. Khususnya touring yang bisa sampai berhari-hari berkendara. Sebaiknya Anda memilih ukuran atau size yang nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Ukuran pas saja terkadang menjadi tidak nyaman karena dipakai terlalu lama.

Safety

Dari semua kriteria di atas, hal yang paling penting dan tidak boleh terlewat adalah faktor keamanan sepatu. Umumnya tipe sepatu ini memiliki 3 bagian keamanan yang standar. Namun, beberapa diantaranya juga melengkapi dengan pad tambahan. Pad ini fungsinya untuk meminimalisir kerusakan pada saat pengendara melakukan perpindahan gigi.

Manfaat Sepatu Touring

Baca Juga:  Jenis-Jenis Aksesoris Motor yang Penting dan Banyak Dicari

Menghindarkan kaki dari hantaman

Ini adalah fungsi utama sebuah sepatu. Pastikan sepatu Anda melindungi bagian kaki yang mudah cidera, seperti bagian betis dan angkle. Pastikan juga sepatu memiliki bantalan shiffer agar nyaman digunakan.

Menghindari slip

Sepatu yang memiliki sol tebal umumnya bertujuan agar terhindar dari terpeleset. Selain itu juga terbuat dari bahan anti air sehingga kaki tidak basah ketika turun hujan. Sementara bahan yang cocok dipilih adalah sepatu dengan bahan kuat namun lentur agar nyaman dipakai.

Meminimalisir dampak kecelakaan

Masih banyak pengendara yang tidak mengindahkan apa pentingnya safety riding. Padahal safety riding berlaku bagi semua pengendara, dan untuk keuntungan pengendara sendiri. Sepatu tidak hanya berfungsi melindungi saja, namun perlengkapan ini juga mengurangi akibat buruk kecelakaan. Perlengkapan yang wajib dipakai diantaranya adalah helm, sarung tangan, jaket, celana panjang, dan sepatu.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More