Tips Agar Aki Motor Awet

Selain oli dan bahan bakar, komponen lain yang juga perlu dirawat agar motor awet adalah aki motor. Aki sendiri terdiri dari dua macam, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah adalah aki yang mempunyai cairan asam sulfat di dalamnya, sedangkan untuk aki kering memiliki kandungan gel yang menggantikan cairan elektrolit. Lalu bagaimana cara merawat aki motor agar tetap awet?

  • Penggunaan Aksesoris Motor Tidak Berlebihan

Jangan menggunakan aksesoris motor berlebihan, khususnya aksesoris yang membutuhkan tenaga listrik yang bersumber dari aki. Misalnya seperti hiasan lampu tambahan, audio rakitan, dan klakson modifikasi.

  • Tidak Menggunakan Starter Elektrik Secara Paksa

Apabila starter elektrik tidak bisa digunakan, sebaiknya tidak dipaksa untuk menyalakan motor menggunakan starter ini karena bisa merusak aki. Gunakan starter manual untuk menyalakan motor apabila starter elektrik tidak dapat digunakan.

  • Panaskan Motor Setiap Hari Minimal 15 Menit

Aki motor memiliki 2 plat yang terbuat dari kalsium timbal, terdiri dari kutub positif dan kutub negatif. Plat ini bereaksi dengan asam sulfat yang menghantarkan listrik ke komponen-komponen mesin. Namun, sel-sel yang ada dalam aki bisa kering dan mati dan untuk mencegah hal tersebut motor harus selalu dinyalakan setiap hari atau dipanaskan setiap hari minimal 15 menit.

  • Periksa Ketinggian Cairan Aki

Selalu periksa cairan aki, apabila cairan aki hampir mendekati batas bawah, maka segera tambahkan cairan H2O agar cairan bertambah. Meski aki berisi asam sulfat, akan tetapi H2O bisa digunakan untuk menjaga derajat keasaman.

Baca Juga: TIPS PERAWATAN MOTOR MATIC

  • Periksa Kondisi Terminal Aki

Selalu periksa terminal aki secara berkala, apabila baut sambungan terminal kendor, segera kencangkan agar tidak terjadi kebocoran pada katup terminal aki dan sambungan terminal. Aki yang bocor akan berbahaya bagi motor serta keselamatan pengendara, apalagi sifat asam sulfat yang bisa mengikis logam serta mudah terbakar. Tak hanya itu, sambungan aki yang longgar juga bisa menyebabkan munculnya kerak putih yang bisa menghambat aliran listrik ke aki. Bila kerak putih ternyata sudah muncul, maka segera bersihkan menggunakan air panas dan sikat kawat. Jika dibutuhkan, bisa juga menggunakan cairan WD40 untuk menghilangkan kerak.

  • Periksa Kondisi Kiprok

Kiprok berfungsi sebagai regulator penyuplai listrik ke aki khususnya saat tahap pengisian. Apabila ada indikasi lampu motor yang meredup atau nyalanya tak stabil, maka bisa jadi bagian kiprok aki rusak dan segera harus diganti.

  • Periksa Kebocoran Aki

Agar aki motor awet, waspadai juga jika terjadi kebocoran. Apabila sudah waktunya, sebaiknya ganti aki di bengkel resmi

Itulah beberapa tips yang harus dilakukan agar aki motor awet dan tahan lama. Untuk menghemat anggaran, aki motor bisa juga diganti dengan cara dijual atau ditukar tambah dengan aki baru.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *