Temukan Solusi Paling Menyenangkan Saat Memilih Motor Baru

motor baru

Memiliki motor baru tentu menjadi keputusan yang tepat untuk mulai terbiasa mandiri di jalan menuju semua tempat yang perlu didatangi. Sepeda motor memang menjadi salah satu jenis kendaraan pribadi yang sering dijadikan pilihan. Sebab ada banyak kelebihan yang ditawarkan, seperti harganya yang murah, perawatannya yang mudah, hingga pemanfaatannya yang mudah ketika berada di jalan raya. Mendapatkan motor terbaik sebagai teman perjalanan ternyata perlu menimbang beberapa hal agar pilihannya memang tepat.

Baca juga: Tips Naik Motor untuk Pemula

Mendapatkan sepeda motor yang tepat memang perlu melakukan usaha tertentu dengan pertimbangan ke berbagai point. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum menentukan pilihan:

  • Melihat motor tersebut secara langsung,
    Saat mengambil pilihan sepeda motor mana atau merk apa yang hendak dibeli memang sebaiknya datang ke dealer secara langsung. Sebab bisa melakukan test ride kemudian paham betul bagaimana kelebihan dan performa mesin motor tersebut. Ketika pilihan hanya mengandalkan sepotong gambar pada brosur maka dikhawatirkan dalam kenyataannya jauh berbeda. Tidak menutup kemungkinan jika apa yang terpanjang pada brosur sudah melewati dapur editing yang membuatnya nampak lebih bagus dan menarik. Sebagai contoh sederhana adalah mengenai warna body motor, dalam brosur bisa nampak menarik padahal di kenyataannya bisa jadi sebaliknya. Supaya tidak menyesal karena memilih desain motor yang mengecewakan maka selalu datangi secara langsung.

 

  • Selalu prioritaskan dealer resmi,
    Membeli motor baru bisa dilakukan di dealer resmi sesuai dengan merk motor tersebut atau memilih alternatif lain. Dealer yang statusnya tidak resmi memang menawarkan harga yang lebih menggiurkan sehingga seolah sangat menarik. Namun, dealer yang tidak resmi ini tentu ada sebuah rahasia yang membuatnya berani menjual lebih murah. Beberapa kasus terjadi setelah ditemukannya ada onderdil aspal, sehingga yang aslinya ditukar dan dijual sendiri, maka kualitas mesinnya bisa berbeda.

 

  • Mensurvey harga yang berlaku di pasaran,
    Hal yang mengecewakan juga terjadi manakala motor yang dibeli ternyata memiliki harga yang sangat tinggi dari harga normalnya. Mendapatkan harga yang murah memang lebih memberikan kebanggaan sebab menandakan pintar dalam menawar. Sebaliknya, kadang dengan harga yang terlalu mahal membuat diri sendiri merasa malu. Mengatasinya perlu dilakukan tindakan preventif, yakni melakukan survey harga di pasaran. Melalui cara ini diharapkan bisa mendapatkan harga terbaik jikalau tidak sangat murah setidaknya sesuai harga pasar.

 

  • Memilih merk yang mudah menemukan bengkel resmi,
    Pertimbangan lain dalam membeli sepeda motor yang baru ialah menentukan merk yang mudah perawatannya. Yakni merk motor yang menyediakan cabang bengkel resmi yang tersebar di berbagai wilayah sehingga mudah dijumpai. Bagaimanapun juga kualitas pelayanan bengkel biasa dengan yang resmi akan jauh berbeda. Menjamin kinerja dan performa mesin motor tersebut pastikan dilakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Sehingga dapat memastikan bahwa onderdil yang diganti memakai onderdil yang original seperti kondisi barunya.

 

  • Memilih yang sesuai dengan kebutuhan,
    Jenis sepeda motor kini sangat beragam, ada yang biasa ada pula yang matic dimana kondisi performanya sangat jauh berbeda. Sesuaikan dengan kebutuhan mengenai kecepatan mesinnya dalam melaju di jalan beraspal. Tingkat konsumsi bahan bakar apakah tergolong boros, biasa saja, atau sangat hemat sehingga efisien sekali. Contoh lain adalah mempertimbangkan kondisi jalan di tempat tinggal, apabila masih belum beraspal atau berbukit-bukit. Sudah tentu pilihan motor baru sebaiknya tidak dari jenis matic sebab kurang mendukung untuk medan tersebut.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *