Teliti Sebelum Membeli, Yang Akan Membeli Motor Bekas Baca Artikel Ini

Kadang karena keterbatasan dana mengharuskan kita memilih motor bekas karena harganya yang lebih murah. Atau bisa juga karena alasan lainnya seperti, menyukai barang bekas dibandingkan yang masih baru karena alasan antik dsb.

Namun apapun alasannya sudah sewajarnya sebelum membeli motor yang kondisinya sudah bekas lebih selektif dan teliti. Jangan sampai Anda terkecoh atau tertipu. Karena banyak penjual yang memoles motor menjadi sedemikian rupa untuk menutupi kekurangan agar harga jualnya lebih tinggi.

Berikut tips yang bisa dijadikan bahan pertimbangan jika Anda akan membeli motor bekas.

Tentukan Jenis/ Merk Motor Yang Akan Dibeli

Pertama-tama tentukan jenis motor yang akan dibeli. Apakah jenis sekuter, bebek, matic atau sport. Tentukan juga tipe nya. Hal tersebut menjadi tahap awal karena setiap merk dan tipe motor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada dua bahan pertimbangan yang bisa Anda gunakan untuk memilih merk dan jenis motor, yaitu:

  • Anggaran, memilh merk dan jenis motor bisa disesuaikan dengan anggaran dana. Pikirkan juga dana perawatan dan perbaikan motor nantinya.
  • Selera, jika memiliki anggaran lebih bisa cari tipe motor yang diidam-idamkan.

    Baca Juga: Berikut Harga Motor Bekas Berbagai Merek, Terbaru

Cari Informasi Harga Pasaran

Setelah menentukan jenis dan merk motor yang dipilih, lanjutkan dengan mencari informasi mengenai harga motor yang dipilih. Cek apakah harga yang diberikan wajar atau tidak? Agar tidak salah beli, sebaiknya kumpulkan informasi mengenai harga motor dari internet, media cetak. Jika jenis motor yang dicari masih terlalu mahal, Anda bisa cari produk keluaran di tahun sebelumnya. Biasanya motor keluaran yang lebih lama harga jualnya lebih murah.

Selektif Memilih Penjual

Pilih tempat membeli motor yang sudah memiliki reputasi bagus. Pilih dealer motor yang boanfit karena mereka biasanya memiliki prosedur yang ketat saat membeli motor. Atau bisa juga dengan membeli dari orang yang sudah terbiasa urusan jual beli motor. Jika membeli lewat situs jual beli online, Anda harus ekstra hati-hati dan teliti.

Periksa Kelengkapan Surat

Setidaknya satu buah motor harus memiliki BPKB dan STNK, kadang pemilik pertama biasanya menyertakan faktur pada waktu pembelian. Cek kecocokan nomor rangka dengan nomor mesin dengan nomor yang ada di surat. Angka-angka tersebut harus sama, jika berbeda kemungkinan motor tersebut memiliki surat palsu atau hasil dari pencurian.

Cek Kondisi Fisik Dan Mesin

Sebelum membeli, periksa keselurah kondisi fisik motor dan semua komponen, apakah ada cacat atau tidak. Selain itu periksa juga kondisi oli, speedometer, rangka, kebocoran, roda dsb. Agar lebih tahu pasti kondisi mesin, coba hidupkan motor bekas yang Anda beli, lalu jalankan. Apabila terdengar atau terasa ada sesuatu yang aneh, berarti kondisinya harus ada yang disservice.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *