Teliti Sebelum Membeli Motor Baru, Baca Artikel Ini!

Sekarang masyarakat sangat dimanja dengan berbagai pilihan tipe dan merk motor baru. Pilihannya semakin beragam, mulai dari motor matic, bebek, sport hingga batangan-pun ada. Desain dan performa motor baru semakin menggoda. Anda bisa memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Dengan kemudahan pembelian dan pembayaran membuat masyarakat berlomba ke dealer sepeda motor untuk membeli sarana transportasi ini. Bahkan sekarang semakin banyak pihak dealer yang memudahkan proses pembelian dengan cara pembayaran diangsur (kredit).

Nah, bagi Anda yang memiliki rencana membeli motor baik dengan cara kredit ataupun tunai ada baiknya bertanya kepada yang lebih mengerti masalah motor untuk mencegah kena tipu. Atau bisa ikuti beberapa tips membeli sepeda motor baru yang akan kita bahas berikut ini.

Kenali Tipe Motor Sesuai Kebutuhan

Memilih sepeda motor harus sesuai dengan kebutuhan. Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Apakah motor akan digunakan untuk berpergian jauh atau hanya untuk keperluan sehari-hari? Jika digunakan untuk berpergian jauh sebaiknya pilih tipe motor sport touring. Sedangkan jika digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti: ke kantor, antar anak ke sekolah dsb bisa pilih jenis motor matic.
  • Apakah Anda ingin menggunakannya untuk harian atau untuk bergaya biar terlihat keren? jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari bisa pilih motor matic atau bebek, sedangkan jika ingin terlihat gaya bisa pilih motor jenis sport.

Rencanakan Anggaran

Setelah mengetahui tipe motor yang Anda pilih, segera atur keuangan Anda. Pilih sistem pembayarannya, apakah tunai atau cash. Jika anggaran yang Anda siapkan cukup bisa pilih pembayaran cash, sedangkan jika masih kurang bisa pilih pembayaran dengan cara kredit. Apabila membayar cash cari dealer yang sedang melakukan promo, jangan sungkan untuk nego masalah penurunan harga.

Baca Review Dan Test Ride Langsung

Sebelum memutuskan membeli motor yang Anda incar, sebaiknya cari tahu terlebih dulu seputar spesifikasi dan fitur motor tersebut. Caranya bisa baca review di internet atau bertanya langsung kepada pihak dealer. Lebih mantap jika Anda langsung ke dealer dan mencoba motor untuk merasakan apakah sesuai dengan yang Anda harapkan atau tidak.

Cek Kelengkapan Motor

Tips terakhir membeli motor yang masih gress atau baru adalah cek bagian penting motor seperti bagian body, catnya, bagian rangka, kelistrikan dll. Jangan tanda tangan serah terima sebelum Anda cek kelengkapan motor tersebut. Setelah motor sampai ke rumah, segera coba apakah ada kendala atau tidak.

Jika dirasa ada yang aneh atau ada masalah jangan sungkan untuk mengklaim ke dealer tempat Anda membeli.Jangan tunda, sebaiknya klaim diajukan tidak lewat dari 1 hari setelah motor dikirim. Hal ini untuk memudahkan proses penukaran motor  baru dengan unit yang lain dan biasanya 1 hari sesudah motor dikirim, pembuatan STNK belum diproses.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *